Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Taspen Peduli yang khusus diberikan ke PNS golongan I hingga golongan III, intinya PNS aktif
Palembang (ANTARA) - PT Taspen (Persero) menjual 430 paket sembako murah kepada kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubulinggau, Sumatera Selatan, untuk membantu pemerintah menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok.

Kepala Seksi Umum dan SDM PT Taspen Cabang Lubuklinggau Alirman Jaya di Musi Rawas, Selasa, mengatakan paket sembako murah ini juga untuk membantu meringankan beban ASN karena bahan-bahan kebutuhan pokok ini dijual dengan harga di bawah harga pasar.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Taspen Peduli yang khusus diberikan ke PNS golongan I hingga golongan III, intinya PNS aktif," kata dia.

Ia mengatakan program Taspen Peduli 2019 ini berbeda jika dibandingkan tahun sebelumnya, karena khusus tahun 2019 ini difokuskan untuk ANS yang aktif sementara tahun l2018 ke kalangan pensiunan.

Paket sembako murah ini hanya dijual dengan harga Rp10.000 per paket yang berisi dua kg beras, satu kg gula pasir dan satu liter minyak goreng atau jika dibandingkan dengan harga di pasar maka seharusnya Rp42.500 per paket.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Yustianus mengatakan pemprov mendorong kalangan BUMN dan BUMD untuk menggelar pasar murah dan bazar selama Ramadhan hingga Lebaran 2019.

Upaya ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan harga karena jika akses satu-satunya mendapatkan kebutuhan pokok di pasar maka secara psikologis akan mendorong kenaikan harga.

Bukan hanya mendorong kalangan swasta, pemprov juga sudah beberapa kali menggelar pasar murah di kantor-kantor pemerintahan hingga kelurahan.

“Saat ini harga terpantau masih terkendali, tapi tetap menjadi kewaspadaan kami. Tentunya yang menjadi perhatian yakni ketersediaan stok barang dan menjaga agar pedagang tidak melakukan penimbunan,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Sumsel, tiga bahan pokok bergejolak saat memasuki Ramadhan yakni bawang putih, bawang merah dan daging ayam potong. Namun sejauh ini harga ketiga bahan pokok itu berangsur-angsur turun.
 

Baca juga: Pasar murah sembako diserbu warga Palembang

Baca juga: Pasar murah jaga kemanan dan harga sembako jelang Lebaran


 

 

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019