Polisi minta kapal cepat lengkapi alat keselamatan

Polisi minta kapal cepat lengkapi alat keselamatan

Personel Satpolair Polres Bangka Barat memeriksa kelengkapan keselamatan kapal cepat. (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Muntok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta para awak kapal cepat yang melayani penyeberangan Muntok-Jalur 14 Sumatera Selatan melengkapi alat keselamatan penumpang.

"Kami minta mematuhi aturan pelayaran demi keselamatan penumpang, lengkapi alat keselamatan dan kesehatan di kapal masing-masing," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Muntok, Jumat.

Menurut dia, alat keselamatan, perlengkapan kesehatan, alat navigasi dan dokumen kapal wajib disediakan untuk memenuhi aturan pelayaran yang berlaku.

Berdasarkan pemeriksaan di sejumlah kapal cepat tradisional, kapal cepat ekspres bahari dan kapal feri, sampai saat ini tidak ditemukan adanya pelanggaran maupun tindak pidana.

Pemeriksaan rutin di sejumlah kapal yang melayani penyeberangan jalur Pulau Bangka-Sumatera tersebut terus dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Seluruh kapal dalam kondisi baik dan ketersediaan alat keselamatan penumpang dan kesehatan sudah sesuai kebutuhan," ujarnya.

Saat ini jumlah penumpang orang, kendaraan dan barang yang menyeberang ke Pulau Sumatera terus meningkat seiring tingginya harga tiket pesawat terbang.

"Meningkatnya jumlah penumpang harus diimbangi dengan antisipasi keamanan dan keselamatan pelayaran, jangan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan," katanya.

Ia mengimbau para awak kapal mematuhi aturan pelayaran yang berlaku dan tidak melebihi muatan demi keselamatan penumpang yang ingin berlebaran di kampung halaman masing-masing. 

Baca juga: Satpolair siapkan dua kapal patroli di Pelabuhan Tanjungkalian
Baca juga: Polisi tingkatkan pengamanan arus mudik Pelabuhan tanjungkalian Muntok
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019