Padang, (ANTARA) - Rafles, seorang Aparatur Sipil Negara yang bertugas di Jambi, mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Sumatera Barat, di Padang, Sabtu.

"Saya kebetulan mengantar keponakan ke Padang dan ada edaran ASN wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di mana berada akhirnya saya memilih ikut di Kantor Gubernur Sumbar," kata Rafles usai upacara.

Rafles yang merupakan Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi tersebut memilih Kantor Gubernur Sumbar sebagai lokasi upacara karena lebih mudah diakses.

"Upacara ini kewajiban ASN, rencananya nanti sore balik lagi ke Jambi," kata dia.

Untuk memenuhi presensi, sebelumnya Rafles telah melapor ke Badan Kepegawaian Daerah Sumbar untuk memberitahu ia mengikuti upacara di Kantor Gubernur.

"Untuk pelaporan ke Kemenristekdikti, saya mengisi blangko yang disediakan untuk kemudian menjadi bukti," kata dia.

Pada ucapara Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur tampil sebagai inspektur upacara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut diikuti ribuan ASN yang berada di lingkungan Pemprov Sumbar.

Dalam amanatnya Irwan menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila," kata dia.

Ia menyampaikan tujuan memperingati Hari Lahir Pancasila untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah saat pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga suku yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

"Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik," katanya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, dan undangan lainnya.
***2***
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019