Bantul (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan pengamatan hilal di Pos Observasi Bulan Syech Bela Belu Parangtritis, Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, DIY masih akan dilakukan pada Selasa (4/6) meski Senin sore ini hilal tidak terlihat.

"Besok (Selasa, 4/6) ada (pengamatan hilal) di sini dari tim BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) juga kemudian beberapa pegiat falaq di sini," kata Ketua Badan Hisab Rukyah (BHR) Kemenag DIY Muthoha Arkhanuddin usai pemantauan hilal di POB Syech Bela Belu, Senin petang.

"Kalau kita, pengamatan dilakukan di markas di Jalan Gejayan Yogyakarta," kata Muthoha.

Menurut dia, pada pengamatan hilal di POB Syech Bela Belu yang dilakukan bersama tim dari BMKG Yogyakarta dan praktisi di Yogyakarta pada Senin sore hingga petang tidak terlihat, namun pada Selasa sore nanti dipastikan hilal akan terlihat.

"Perjalanan bulan ini konstan, setiap satu jam dia (bulan) akan naik setengah derajat atau setiap dua jam (naik) satu derajat, jadi kalau 24 jam, besok (Selasa) pada jam yang sama ketinggian hilal 12 derajat," katanya.

"Sehingga itu ketinggian sudah bisa untuk bisa kita saksikan bahkan dengan menggunakan mata telanjang," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019