Usai libur Lebaran ASN Kota Bitung diingatkan tingkatkan etos kerja

Usai libur Lebaran ASN Kota Bitung diingatkan tingkatkan etos kerja

Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban saat apel perdana masuk kerja PNS di kota itu usai libur panjang Lebaran 2019, Senin (10/6/2019). (FOTO ANTARA/Nancy Lynda Tigauw)

Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara,  mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) setempat agar terus meningkatkan etos kerja setelah liburan yang cukup panjang pada Lebaran 2019.

Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban mengatakan ASN harus fokus pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan jangan menunda pekerjaan.

"Apalagi ini sudah memasuki pertengahan tahun, jangan nanti kita kerja mengejar waktu," katanya didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri di Bitung, Senin.

Dalam konteks birokrasi, katanya, revolusi mental dimaknai adanya sebuah perubahan cara berfikir, berperilaku dan bertindak dari setiap ASN dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya sebagai pelaku utama dalam birokrasi pemerintahan.

Oleh karena itu, katanya, diperlukan perubahan yang fundamental melalui perubahan cepat, yang diharapkan dapat mendorong terciptanya pola pikir dan budaya kerja aparatur yang positif, sehingga akan menciptakan birokrasi yang bersih dan efisien serta mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Ia mengimbau untuk melaksanakan setiap pekerjaan dari sekarang sehingga tidak menumpuk di akhir tahun, termasuk persiapan untuk APBD perubahan dari semua PD dan penyusunan APBD tahun 2020.

Terkait dengan kehadiran ASN pada apel perdana, Lomban yakin hampir semua ASN dan tenaga harian lepas (THL) hadir, namun tetap menginstruksikan BKD PP Kota Bitung untuk melakukan pendataan dan rekap absen kehadiran serta menindak tegas ASN yang tidak hadir sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Bitung dan Bremen Overseas Research and Development A ssociation (BORDA) terkait Pengelolaan Sanitasi Terpadu di Kota Bitung dimana kota Bitung termasuk 3 kota dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapatkan alokasi kegiatan ini.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Frank Fladerer selaku Regional Director BORDA Southeast Asia, para pejabat, ASN dan THL lingkup Pemerintah Kota Bitung.

Baca juga: Seorang PNS kantor Syahbandar Bitung terjaring OTT

Baca juga: 1.327 kendaraan arus balik di tol Manado-Bitung
Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019