Pemko Sabang buka pendaftaran duta wisata

Pemko Sabang buka pendaftaran duta wisata

Ilustrasi - wisatawan bermain di Pantai Gapang, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. (ANTARA / Irman Yusuf.)

Sabang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, Provinsi Aceh, membuka pendaftaran pemilihan Cut Abang dan Cut Adek sebagai duta wisata 2019 untuk mempromosikan industri pariwisata daerah setempat.

"Pendaftaran duta wisata sudah dimulai sejak 10 Juni hingga 5 Juli, dan formulir pendaftaran bisa diambil di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang pada setiap hari kerja," kata Kepala Disparbud Kota Sabang, Faisal di Sabang, Kamis.

Kadisparbud Kota Sabang menjelaskan, duta wisata Cut Abang dan Cut Adek harus putra daerah dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam dunia industri pariwisata.

"Syarat duta wisata laki-laki/perempuan usianya, 18-25 tahun, tinggi badan 160-165 centimeter, beragama Islam, mampu membaca Alquran, bisa berbahasa Aceh, Indonesia dan mampu mempresentasikan kebudayaan, pariwisata serta memiliki pengetahuan umum bidang politik, sosial budaya, ekonomi dan teknologi," jelas Faisal.

Selain itu, duta wisata juga dituntut mengerti kesenian lokal (Aceh) dan harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

"Semua yang disyaratkan harus terpenuhi dan pemilihannya akan dilaksanakan pada tanggal, 11 sampai dengan 13 Juli," sebut Kadispadbud Kota Sabang.

Duta wisata yang terpilih tersebut nantinya akan mewakili Kota Sabang pada ajang yang sama tingkat Provinsi Aceh.

"Yang paling penting adalah mereka punya keinginan yang sama dalam mempromosikan industri pariwisata Sabang ditingkat lokal, nasional maupun internasional," kata Kadisparbud Kota Sabang.

Baca juga: Aceh tuan rumah pemilihan duta wisata nasional
 

Pewarta : Irman Yusuf
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019