Alhamdulillah sumur wakaf ini merupakan bagian ikhtiar ACT Sumsel membantu warga supaya mendapatkan air bersih yang layak
Palembang (ANTARA) - Lembaga Sosial Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan melalui Global Wakaf membangun sumur untuk warga di wilayah pelosok Kota Palembang.

Branch Manager ACT Sumsel Ardiansyah di Palembang, Rabu, mengatakan pembangunan sumur bertujuan agar warga setempat mendapatkan akses air bersih dalam mengantisipasi musim kemarau.

"Alhamdulillah sumur wakaf ini merupakan bagian ikhtiar ACT Sumsel membantu warga supaya mendapatkan air bersih yang layak, selain itu kami juga membangunkan MCK dan tempat mencuci di samping sumur ini," ujar dia.

Dia mengatakan sumur tersebut berada di Jalan Dayang Rindu Keramasan RT03/RW01 Desa Keramasan, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Sumur dibangun dari dana himpunan para pewakaf tetap yang mendonasikan uangnya melalui ACT.

Desa Keramasan, kata dia, merupakan salah satu wilayah yang belum tersentuh penyediaan air bersih PDAM. Setiap hari warga setempat memanfaatkan air sungai sekitar untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

Kondisi sungai tersebut berada di antara pabrik karet dan pabrik sawit sehingga tercemar limbah pabrik.

"Sehari-hari kami mengangkut air sungai menggunakan gerobak, tapi air sungai itu terkadang membuat badan jadi gatal-gatal, warnanya kuning bahkan hijau karena tercemar limbah pabrik, apalagi tiba musim kemarau stok air pasti menipis," kata salah seorang warga setempat, Lastri.

ACT Sumsel juga menargetkan pembangunan sumur wakaf di 20 titik lainnya yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan. Masyarakat dapat menyalurkan donasinya melalui rekening khusus wakaf 66 0000 940 atas nama Yayasan Global Wakaf dan konfirmasi melalui Whatsapp 081369007979.

Baca juga: Global Wakaf-ACT Lampung bangun sumur wakaf untuk atasi kekeringan.
Baca juga: ACT hadirkan sumur wakaf di Pinrang

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019