Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta pada Senin.

Hujan lokal ringan diprediksi mengguyur wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, siang ini. Adapun wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprediksi cerah berawan sejak pagi hingga siang.

Malam harinya, cuaca berawan akan meliputi sebagian wilayah Jakarta, kecuali Jakarta Selatan yang diperkirakan masih akan mengalami hujan lokal dengan intensitas ringan.

Baca juga: BPPT siapkan tiga skenario modifikasi cuaca atasi polusi udara Jakarta

Suhu di ibu kota hari ini berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 55 hingga 90 persen.

Sebelumnya, BMKG menyebutkan bahwa puncak musim kemarau di DKI Jakarta akan terjadi pada Agustus hingga September 2019.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan kekeringan dan kemarau ekstrem dengan jumlah hari tanpa hujan antara 21 sampai 30 hari.

Sementara itu, kawasan yang berstatus siaga kekeringan di DKI Jakarta terletak di wilayah Jakarta Utara, yakni Rawa Badak dan Rorotan. Jumlah hari tanpa hujan di kedua kawasan ini diperkirakan terjadi sangat panjang berkisar antara 31 hingga 60 hari.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019