Solo (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surakarta telah menerima usulan empat nama yang akan masuk bakal calon wali kota untuk persiapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020.

"Empat nama bakal calon wali kota itu semua dari kader internal partainya," kata Sekretaris DPC PDIP Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Rabu (10/7).

Teguh Prakosa mengatakan bahwa PDIP di Solo pada Pileg 2019  meraih 30 kursi anggota DPRD Kota Surakarta sehingga dapat mengajukan sendiri pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada mendatang.

Baca juga: Wali kota Solo tolak dicalonkan lagi selama aturan dilanggar

Menurut dia, empat nama kader yang disiapkan. Namun, ini masih tahap usulan dari kader arus bawah.

"Kami belum bisa menyebut namanya karena masih dalam proses akan digodok terlebih dahulu, baru diusulkan dan harus mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP," kata Teguh yang juga Ketua DPRD Kota Surakarta periode 2014 s.d.2019.

Menyinggung soal empat nama bakal calon apakah termasuk dirinya, Teguh tidak bisa mengelak satu dari empat nama bakal calon termasuk dirinya.

Kendati demikian, kata dia, bakal calom wali kota keputusan akan ditetapkan oleh F.X. Hadi Rudyatmo. Beliau telah berpengalaman dan menjabat sebagai wakil dan wali kota sudah dua periode. Beliau juga tahu siapa-siapa yang siap dan mampu menjadi wali kota pada Pilkada Kota Surakarta mendatang.

Baca juga: Rudy enggan kembali jadi Ketua DPC PDIP Surakarta

"Pilkada Kota Surakarta akan digelar pada tanggal 23 September 2020," katanya.

Menyinggung soal Calon Ketua DPC PDIP Surakarta yang diputuskan dalam forum Konfercab 2019, kata dia, ada delapan calon nama Ketua DPC PDIP, yakni F.X. Hadi Rudyatmo selaku calon petahana, Teguh Prakosa, Paulus Haryanto, Budi Prasetyo, Roro Indradi Sarwo Indah, Honda Hendarto, Y.F. Sukasno, dan Joni Sofyan Erwandi.

Menurut dia, semua nama calon ketua DPC PDIP tersebut berasal dari strukrural tingkat DPC dan Pengurus Anak Cabang (PAC). Pembahasan hasil Konfercab PDIP Kota Surakarta ini akan dibawa ke forum Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Jawa Tengah di Semarang.

"Konfercab DPC PDI Perjuangan se-Jawa Tengah serentak digelar di Panti Marhaen Semarang, Minggu (14/7)," katanya.

Pada konferda tersebut, kata dia, selain penetapan ketua DPC, juga menggelar kegiatan pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jateng.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019