Jakarta (ANTARA) - Partai NasDem akan menggelar Sekolah Legislatif bagi kader yang lolos ke parlemen selama tiga hari pada Selasa (16/7) hingga Jumat (19/7) di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem Pancoran, Jakarta Selatan.

"Sekolah Legislatif 2019 ini kami laksanakan untuk pertama kalinya secara terpusat. Sekolah Legislatif 2019 akan diikuti calon Anggota DPR RI Terpilih dari Partai NasDem untuk periode 2019-2024, Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), fungsionaris DPP, sayap partai dan peserta terseleksi," kata Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem, Nining Indra Shaleh dalam Konferensi Pers, di DPP Partai NasDem, Jakarta, Senin.

Baca juga: NasDem akan pecat Gubernur Kepri terkait OTT KPK

Baca juga: Nasdem dalilkan kehilangan 35.306 suara akibat rekomendasi Bawaslu

Baca juga: Partai NasDem inginkan menteri yang kompeten


Menurut Nining, Sekolah Legislatif menunjukkan keseriusan Partai NasDem dalam meningkatkan kualitas para legislator.

Ia menyebutkan pada Pileg 2019 Partai NasDem memperoleh 59 kursi di DPR, 185 kursi di DPRD provinsi dan 1.629 kursi di DPRD kabupaten/kota, sehingga total memperoleh 1.873 kursi di parlemen.

Hal itu mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan Pemilu 2014 yang jumlahnya mencapai 1.422 kursi, naik sekitar 24,1 persen.

Begitu pun, untuk keterwakilan perempuan di parlemen, Partai NasDem memperoleh 19 kursi atau lebih dari 30 persen

"Jadi kenaikan signifikan pada kursi di Legislatif juga diimbangi dengan kualitas para legislator Partai NasDem," kata Nining.

Untuk angkatan pertama ini, hanya akan diikuti oleh 53 anggota DPR mengingat enam anggota DPR terpilih lainnya masih bersengketa.

Sementara untuk anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota secara bertahap akan mengikuti Sekolah Legislatif.

"Nanti ada tujuh angkatan bagi anggota DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPRD kota yang dilakukan secara bertahap," tuturnya.

Di tempat sama, Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G Plate menambahkan keterwakilan kursi Partai NasDem di DPR RI juga diimbangi dengan keterwakilan legislator perempuan.

"Dari 59 kursi yang kami peroleh di DPR RI, sebanyak 19 kursi diisi oleh legislator perempuan," kata Johnny.

Itu berarti 32,2 persen anggota DPR dari Partai NasDem merupakan perempuan.

Sejalan dengan kenaikan kursi baik DPR dan DPRD, kata Plate, NasDem berkomitmen melakukan kualitas agar fungsi ketatanegaraan khususnya MD3 bisa dilakukan dengan benar.

"Ini diharapkan dapat menerjemahkan visi yang disebutkan oleh Presiden Jokowi bagaimana meningkatkan kualitas kinerja dan lainnya," katanya.

Sekolah Legislatif Partai NasDem diikuti 350 orang. Sekolah Legislatif 2019 membagi kurikulum menjadi pendidikan kedewanan sebesar 50 persen, kepartaian 20 persen, dan character building 30 persen.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019