Dirjen: pemda kembangkan ekosistem inovasi tingkatkan produktivitas

Dirjen: pemda kembangkan ekosistem inovasi tingkatkan produktivitas

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe dalam penjurian penerima Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 kategori Pemerintah Provinsi (Budhipura) serta kategori Pemerintah Kabupaten dan Kota (Budhipraja) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (29/07/2019). (ANTARA News/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jumain Appe mengatakan pemerintah daerah (pemda) harus mengembangkan ekosistem inovasi untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas daerah.

"Kuatnya daya saing daerah akan mendorong penguatan daya saing nasional. Pembangunan yang bertumpu di daerah sangat berpengaruh pada pembangunan nasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Jumain kepada wartawan di Gedung BPPT, Jakarta, Senin.

Jumain mengatakan pemerintah daerah melakukan berbagai usaha dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing melalui penguatan struktur daerah, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan inovasi, pengembangan sumber daya manusia dan aspek bisnis di dalam menjalankan program pembangunan daerah ke depan.

Ia menekankan pembangunan ke depan harus bertumpu pada pembangunan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi. Produk inovasi juga harus mampu menjawab kebutuhan daerah dan nasional serta industri.

"Kita tahu bahwa beberapa negara maju meski tidak memiliki sumber daya alam yang cukup tapi mereka bisa menjadikan negaranya maju dan mandiri misalnya Korea Selatan, Singapura dan beberapa negara di Eropa. Mereka membangun negaranya dengan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi," ujarnya.

Industri kreatif di daerah juga harus semakin dikembangkan melalui pemanfaatan, penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi.

"Industri kreatif ini bukan hanya berbasis teknologi informasi dan musik tapi juga pada industri lokal, kearifan lokal di daerah ini juga jadi hal penting untuk kita tingkatkan di dalam mendorong daya saing industri kita di daerah," tutur Jumain.

Ekositem inovasi akan mendukung pembangunan daerah untuk meningkatkan kemajuan dan kemandirian daerah. Dengan pembangunan daerah ini, masyarakat akan semakin sejahtera dan negara menjadi maju, mandiri, adil dan makmur.

"Perubahan-perubahan ini perlu kita adaptasi tujuannya bagaimana kita hasilkan produktivitas, nilai tambah, efisiensi dan efektivitas dari industri kita sehingga produk kita bisa berdaya saing baik nasional maupun global," ujarnya.

Baca juga: Menperin dukung laboratorium IoT bangun ekosistem inovasi

Baca juga: "Making Indonesia 4.0 Startup" bangun ekosistem inovasi

 
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019