PMI bangun klinik di Pandeglang Banten

PMI bangun klinik di Pandeglang Banten

Peletakan batu pertama pembangunan Klinik Rusdinar yang dibangun PMI berlokasi di di Jalan Raya Pandeglang-Labuan, KM 1 Cikupa, Kelurahan Karaton, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: PMI)

Pandeglang, Banten (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang, Banten mendirikan pusat pelayanan kesehatan yang diberi nama Klinik Rusdinar yang berlokasi di samping Markas PMI Pandeglang.

"Pembangunan klinik ini semoga untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Pandeglang," kata pengurus pusat Bidang Penanggulang Bencana PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono melalui sambungan telepon, Selasa.

Klinik yang berada di Jalan Raya Pandeglang-Labuan, KM 1 Cikupa, Kelurahan Karaton, Kecamatan Majasari, Pandeglang merupakan bantuan dari Taiwan Economic and Trade Office (TETO). Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh pengurus PMI Pusat, Banten dan Kabupaten Pandeglang.

Sementara, Wakil Ketua PMI Pandeglang Bidang Sarana Prasarana (Sapras), PMR dan Kerelawanan Nandang Kosim mengatakan pembangunan Klinik Rusdinar tersebut, ditargetkan selesai pengerjaanya pada September tahun ini dan target pelayanan diharapkan bisa terlaksana paling lambat akhir September.

Pembangunan Klinik Rusdinar ini, anggarannya murni bantuan dari TETO atau Kantor Dagang dan Ekonominya para pengusaha Taiwan. Selain itu, pembangunan klinik ini sebenarnya sudah menjadi rencana PMI Pandeglang sejak lama untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana PMI Pandeglang.

Menurutnya, pembangunan klinik merupakan cita-cita yang belum dapat diwujudkan oleh Ketua PMI Pandeglang sebelumnya, sehingga pengurus untuk memberi nama klinik tersebut dengan nama Rusdinar sebagai penghargaan dari cita-cita mendiang Tita Rusdinar.

"Selain keinginan bersama, keberadaan klinik di PMI Pandeglang ini merupakan harapan dan cita-cita besar almarhum Tita Rusdinar saat beliau menjabat Ketua PMI Pandeglang untuk memberi pelayanan kesehatan pada masyarakat, selain memaksimalkan tugas dan fungsi PMI itu sendiri,” tambahnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris PMI Provinsi Banten Rahmat Fitriadi mengatakan PMI Pandeglang yang dikenal dekat hubungannya dengan unsur pemerintah daerah maupun swasta harus bisa dimanfaatkan maksimal untuk kepentingan kemanusiaan. Sebab, PMI pada dasarnya adalah organisasi yang lebih fokus bergerak di bidang kemanusiaan.

Adanya klinik di PMI Pandeglang ini seakan menegaskan bahwa lembaga kemanusiaan yang dibentuk Henry Dunant meruoakan sebuah organisasi yang benar-benar fokus dalam membantu masyarakat.

"Kedekatan PMI Pandeglang dengan unsur-unsur terkait adalah kelebihan tersendiri dibanding PMI lainnya di Provinsi Banten. Jadi manfaatkan kedekatan itu untuk memberi manfaat pada masyarakat khususnya dalam penanganan kemanusiaan,” katanya. 

Baca juga: PMI bangun klinik lapangan di Sulteng
Baca juga: PMI buka klinik keliling layani korban gempa NTB
Baca juga: Klinik hemodialisis PMI bisa layani peserta BPJS
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019