Jangan semua McDonald's, apa artinya jalan tol di Amerika dengan jalan tol di Indonesia?
Jakarta (ANTARA) - Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo menyebut jalan tol seharusnya bisa menjadi display atau ruang pamer keragaman budaya Indonesia selain fungsi utamanya untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan transportasi.

“Kita punya keragaman budaya luar biasa, beda dengan yang lain. Keragaman hayati kita juga melebihi negara lain di dunia. Saya bayangkan kalau jalan tol jadi display utama. Daerah sini, bisa memamerkan keragaman hayati apa. Tentu akan menarik,” katanya dalam diskusi tentang pengelolaan jalan tol berkelanjutan di Jakarta, Jumat.

Menurut Imam, dengan memamerkan keragaman budaya dan hayati seperti itu, maka jalan tol di Indonesia akan tampak unik dan menarik.

Selain memamerkan budaya dan keragaman hayati, jalan tol juga dapat memberikan pengalaman kuliner yang menarik, sesuai dengan ciri khas daerah.

Ia berharap oleh-oleh yang dijajakan bisa dikemas dengan merek menarik, tidak seragam tapi tetap memiliki ciri khas daerah.

"Jangan semua McDonald's, apa artinya jalan tol di Amerika dengan jalan tol di Indonesia?" katanya.

Imam berharap meski fungsinya sebagai pelengkap, hal-hal yang ia kemukakan itu memiliki fungsi lain jalan tol yang membuatnya unik dan menarik, terutama bagi wisatawan.

"Jadi banyak fungsinya. Demonstration effect dari jalan tol ini luar biasa. Semua orang lewat situ, dari yang sederhana sampai yang paling elit. Karena efeknya luar biasa, maka harus dikelola biar jadi display nasional," katanya.



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019