Jakarta (ANTARA) - Selebritas sekaligus aktivis lingkungan Hamish Daud menyebarkan kecintaannya terhadap lingkungan kepada orang-orang lain, termasuk sang istri penyanyi Raisa Andriana, dengan komitmen tidak menggunakan plastika sekali pakai di rumah.

"Kalau (kami) ke rumah, enggak ada tas plastik sekali pakai dan sedotan plastik," ujar Hamish dalam acara #BijakBerplastik, di Jakarta, Rabu.

Gaya hidup cinta lingkungan mendorong pasangan yang baru dikaruniai seorang putri itu untuk menerapkan diet plastik.

Sebagai gantinya, Hamish Daud dan Raisa menggunakan tas jinjing untuk menampung berbagai barang di rumah mereka.

Hamish mengaku sekitar 20 tas jinjing berbahan kain mudah dijumpai di rumahnya. Pria kelahiran Australia itu bahkan mengaku istrinya lebih ketat soal diet plastik.

Baca juga: Hamish Daud unggah foto pertama Zalina Raine Wyllie

"Awalnya dia (Raisa) enggak tahu. Tapi habis saya ajari, akhirnya (diet plastik) menular ke dia dan teman-temannya," katanya.

Pemain film "Trinity The Naked Traveler" itu mengatakan pemberian contoh merupakan langkah yang lebih efektif daripada sekadar meminta orang untuk turut peduli lingkungan dengan diet plastik.

Plastik, menurut pria yang juga menjadi penggerak Yayasan Indonesia Ocean Pride itu, bukanlah musuh karena hal yang paling penting adalah pengelolaan plastik agar tidak menjadi pencemar lingkungan.

Hamish menambahkan sampah akan menjadi tema yang akan diangkat dalam kampanye yayasan-nya.

Baca juga: Menteri Susi ancam "tenggelamkan" Hamish Daud

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019