Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menyebut, kafilah yang berasal dari Aceh Tamiang berhasil membawa pulang 10 piala, setelah menjuarai dalam beberapa cabang dan kategori Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Aceh Ke-34 di Kabupaten Pidie, Aceh, berakhir Jum'at (27/9).

Dalam siaran pers dari Humas Pemkab Aceh Tamiang, Senin, menyebut, cabang hifzil Qur'an putri golongan 20 juz tercatat Annisa Salsabila meraih Juara 1, dan cabang fahmil Qur'an putri, yakni Ayu Musfirah, Nurhafizah, dan Dwimutia Tasnarizki catatkan nama Aceh Tamiang sebagai Juara 2. 

Dari cabang hifzil Qur'an putri golongan 30 juz ada nama Nayla Zakya meraih Juara 3, dan tercatat pula Novita yang turut sumbangkan piala dari cabang hifzil Quran kategori cacat netra.

Pada cabang tafsir bahasa Inggris putra dengan Juara Harapan 3 diraih Satria M Rambe, dan Juara Harapan 3 di cabang Qira'at Mujawwad remaja diraih Muhammad Al Ghifari.

Juara Harapan 1 cabang hifzil Qur'an putra golongan 10 juz diraih oleh Muammar Al Fahri, Juara Harapan 3 cabang hifzil qur'an putri golongan 10 juz kepada Nafisa Salsabila, dan Juara Harapan 1 cabang tuna netra putra diraih Selamet Riyadi.

Terakhir Juara Harapan 3 cabang dekorasi putra (Khatil Quran) tercatat diraih Akhirul Bahri, dan Juara Harapan 3 cabang tafsir bahasa Arab putra kepada Tariq Nasiansyah.

Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, beberapa saat sebelum menutup MTQ Aceh Ke-34 di Pidie menjelaskan, ajang MTQ merupakan motivasi kepada anak-anak untuk berlomba-lomba dengan mengakrabi, membaca, dan mensyiarkan Al-Qur'an dengan suara merdu dan nada yang indah.

"Acara MTQ ini, perlu dikembangkan generasi ke generasi sebagai wadah untuk membangkitkan semangat untuk mencintai Al-Quran dan mendalami agama," ujarnya.

Ia mengatakan, kepada para peserta MTQ yang menang agar tidak merasa bangga dan puas diri, tapi terus berlatih mempersiapkan diri untuk menghadapi MTQ tingkat Nasional di Sumatera Utara. 

Sementara kepada peserta yang belum menang, ia berpesan, agar jangan bersedih dan berkecil hati. "Terus belajar," ucap dia seraya mengepalkan tangan menunjukkan semangat.

Wakil Bupati Pidie, Fadhullah TM Daud, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada panitia MTQ Aceh ke-34 Tahun 2019.

"Event ini bisa berjalan dengan baik berkat kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait sehingga acara ini berjalan dengan aman dan damai," katanya.

Fadhullah mengatakan, kepada juara umum bahwa Kabupaten Pidie akan memberikan bonus satu unit sepada motor Yamaha NMAX, dan uang pembinaan Slsebesar Rp50 juta.

Juara Umum MTQ Aceh Ke-34 Tahun 2019 dimenangkan oleh Kabupaten Aceh Besar, sedangkan tahun 2017 diraih oleh Kabupaten Aceh Timur.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019