Aminah Muhammad Aji (61) haji asal Aceh masih berada di Arab Saudi untuk mendapatkan perawatan medis, lantaran masih dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Kepala Subbagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril mengatakan Aminah harus mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Al Ansaar, Madinah bersebab dari beberapa penyakit yang dideritanya.

"Masih ada satu orang haji Aceh yang dirawat Arab Saudi, namanya Aminah Muhammad Aji," katanya, di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan, Aminah berasal dari kabupaten Aceh Utara. Dirinya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 embarkasi dan debarkasi Aceh.

Baca juga: Haji tertua dari Aceh meninggal di Arab Saudi

Kata dia, Aminah sempat dievakuasi langsung tim medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) ke bandar udara Madinah dan ikut pulang bersama kloter 12, yang merupakan kloter terakhir.

"Tapi batal dan dirawat di Rumah Sakit Al Ansaar, Madinah, untuk perawatan karena infeksi paru-paru. Ia juga menderita hipertensi, darah manis dan kepikunan," kata dia.

Hingga saat ini, Nasril menyebutkan, Aminah masih dalam kondisi tidak sadarkan diri sehingga ia harus mendapat alat bantu untuk pernafasan.

"Sekarang Aminah dalam kondisi tidak sadar. Ia dirawat dengan alat bantu pernapasan dan prosedur trakeostomi," katanya.

Selain Aminah, seorang haji asal Aceh tertua dalam musim haji tahun ini juga masih berada di Arab Saudi, yakni Mat Budin (99) karena diagnosa radang paru-paru kronis (COPD), gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur. Namun, pada Rabu (2/10) Mat Budin akhirnya meninggal dunia di rumah sakir King Faisal Arab Saudi.

 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019