Kawanan gajah liar dilaporkan merusak empat unit rumah warga di Kampung Pantanlah, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Selasa.

Camat Pintu Rime Gayo, Edi Irwansyah Putra, kepada wartawan menyampaikan selain merusak rumah warga, kawanan gajah liar tersebut juga merusak lahan pertanian dan perkebunan milik warga setempat.

"Ada 4 rumah beserta isinya hancur berantakan, tapi tidak menimbulkan korban jiwa," kata Edi Irwansyah Putra.

Dia menjelaskan keempat rumah yang mengalami kerusakan, masing-masing adalah milik Miswar, Agus, Ahmad, dan Sulaiman.

"Semuanya adalah warga Kampung Pantanlah," sebut Edi.

Menurutnya, peristiwa kawanan gajah liar memasuki wilayah perkampungan warga kerap terjadi di desa tersebut dan sebagian besar wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Karena itu, warga di sana diharapkan untuk terus waspada dan berhati-hati guna menghindari adanya korban jiwa jika sewaktu-waktu kawanan gajah liar kembali memasuki wilayah perkampungan warga.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam hal ini langsung menyalurkan bantuan masa panik untuk keempat kepala keluarga pemilik rumah yang mengalami kerusakan tersebut.

Penyaluran bantuan berupa sandang pangan langsung dilakukan pihak Dinas Sosial dan BPBD setempat.

"Kami dari BPBD dan Dinsos Kabupaten Bener Meriah langsung terjun ke lokasi sekaligus memberikan bantuan sandang pangan kepada warga yang tertimpa musibah," tutur Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah Saidi Nurdin.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019