Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Tamiang, Basyaruddin meminta khususnya kepada penggiat pendidik agar berpartisipasi aktif dalam menekan buta aksara yang tinggal sekitar 1,75 persen dari total jumlah penduduk 5,19 jiwa di Provinsi Aceh.

"Harapan kami, kepada penggiat pendidikan untuk terus belajar secara kreatif dan inovatif. Terus mengasah kemampuan melalui media-media pendukung yang ada, kualitas sumber daya manusia menjadi terbentuk. Sehingga tercipta masyarakat yang cerdas, terampil dan berbudaya serta memiliki keahlian vokasional sebagai bekal untuk menata dan meraih masa depan yang lebih baik," tegas Basyaruddin di Kualasimpang, Jumat.

Pernyataan tersebut diucapkan beliau ketika menutup Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-54 tingkat provinsi diikuti perwakilan dari 23 kabupaten/kota di Aceh dihadiri beberapa perwakilan daerah di provinsi paling barat Indonesia ini.

Ia mengingatkan, terkhusus para pemenang perlombaan HAI agar jangan cepat berpuas diri, melainkan mempertahankan prestasi yang sudah diraih dengan terus meningkatkan kemampuan yang ada.

Teruslah belajar, katanya, sehingga dapat mengikuti even-even yang lebih bergengsi lagi baik di tingkat provinsi maupun nasional agar dapat meraih masa depan lebih gemilang.

"Kami atas nama pimpinan daerah sangat mengapresiasi, dan mengucapkan terima kasih kepada kepala Dinas Pendidikan Aceh dan para kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten/kota se-Aceh atas dukungan dan kerjasamanya. Karena telah berpatisipasi, sehingga acara Hari Aksara Internasional ke-54 tingkat Provinsi Aceh (Aceh Tamiang), kita selenggarakan dimulai dari acara pembukaan, hingga penutupan hari ini," terangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang perlombaan HAI ke-54. Kategori penilik, Juara I dimenangkan oleh Aceh Tamiang, Juara II Aceh Timur, dan Juara III Aceh Utara. 

Kategori Pamong SPNF/skb Juara I dimenangkan oleh Kota Sabang, Juara II Kota Banda Aceh, Juara III  oleh Kabupaten Bireun. Sedangkan kategori Pengelola PKBM, Juara I Aceh Timur, Juara II Aceh Tamiang, dan Juara III Bener Meriah.

Untuk kategori Tutor Keaksaraan, Juara I dipengang dimenangkan Pidie Jaya, Juara II Aceh Timur, dan Juara III Aceh Tenggara. Kategori Stan Pameran, Juara I Aceh Tengah, Juara II Bener Meriah, dan Juara III Bireuen.

Kategori Kontingen Favorit direbut Aceh Tamiang, dan Juara Umum oleh Aceh Timur. Para pemenang mendapatkan piagam, tropi dan uang tunai dari panitia. Untuk tahun depan penyelenggaraan HAI ke-55 akan digelar di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019