PT Taspen (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang asuransi meresmikan gedung baru Kantor Taspen Cabang Lhokseumawe di Lhokseumawe, Selasa.

Dengan peresmian gedung baru itu diharapkan semakin mempermudah dan membuat masyarakat nyaman dalam mengakses layanan yang dibutuhkan.

Direktur PT Taspen Bidang SDM dan Teknologi Informasi Muhammad Jufri mengatakan tugas utama Taspen adalah memberikan pelayanan dan manfaat sebaik mungkin bagi ASN dan pensiunan dengan empat program yang telah dicanangkan.

"Empat program Taspen yakni pengelola dana pensiun dan tabungan hari tua ASN. Kemudian program baru melalui PP No 49 Tahun 2018, untuk menjadi penyelenggara jaminan sosial berupa, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta JKK dan JKM bagi pegawai non PNS yang bertugas pada instansi pemerintah," katanya.

Menurut dia, Kantor Taspen Persero cabang Lhokseumawe melayani pegawai aktif sebanyak 66 ribu orang dan pensiunan 25 ribu orang yang terdiri dari 10 kabupaten/kota di Aceh sedangkan di seluruh Indonesia peserta yang aktif sebanyak 4,4 juta dan pensiunan sebanyak 2,6 juta.

"Untuk pegawai ASN yang akan pensiun tidak perlu mengurus persyaratannya lagi cukup melalui BKD masing-masing, karena pegawai Taspen akan mengurusnya langsung dan dalam waktu satu jam uang akan masuk ke rekeningnya," sebut Jufri.

Dikatakannya, apalagi pengurusan lebih dari satu jam, maka pegawai Taspen akan mendapatkan pinalti atau sanksi, salah satu sanksinya adalah penundaan promosi jabatan.

Sementara itu, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya mengharapkan Taspen berkomitmen untuk senantiasa mempermudah layanan secara maksimal dengan didukung oleh teknologi dan ikut serta dalam peningkatan pemerataan ekonomi.

"Dengan kehadiran kantor Taspen Cabang Lhokseumawe juga menjadi kebanggaan tersendiri untuk Pemerintah Kota Lhokseumawe karena akan menambah perputaran perekonomian daerah dengan kedatangan peserta Taspen yang akan melakukan pengurusan. Hal ini akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi di daerah," katanya.

Selain itu, Kepala Kantor Taspen cabang Lhokseumawe Khairul menyebutkan mekanisme kerja pihaknya dengan mendatangi dan melayani tamu peserta secara pro aktif, sehingga dapat mempermudah pelayanan kepada peserta dari 10 kabupaten/kota di wilayah kerjanya.

Sepuluh kabupaten/kota di wilayah kerja kantor Taspen Cabang Lhokseumawe meliputi Bireuen, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah, Kuta Cane, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019