Walikota Sabang mengharapkan pemerintah pusat untuk membantu pemerintah kota dalam upaya menjaga kelestarian Danau Aneuk Laot, yang menjadi sumber mata air bagi masyarakat setempat.

“Saya berharap pemerintah pusat dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah untuk bisa membantu dalam menjaga kelestarian Danau Aneuk Laot itu,” katanya saat dihubungi dari Banda Aceh, Senin.

Dia menyebutkan Danau Aneuk Laot selama ini menjadi sumber air minum bagi masyarakat di Pulau Weh. Namun untuk pelestarian danau, pemerintah mulai mengurangi pengambilan air dari danau tersebut.

“Kita telah menggali sumber-sumber mata air lain untuk mengurangi pengambilan air di Danau Aneuk Laot. Seperti di Krueng Pancu, Mata Ie, Bango, Pria Laot dan beberapa sumber lain,” katanya.

Nazaruddin mengatakan pemerintah setempat membutuhkan bantuan berupa penghijauan di sekitar danau dan pengerukan danau. Kondisi danau itu telah mulai dangkal, maka sebagai kekayaan alam Aceh maka dibutuhkan perhatian pemerintah pusat dalam upaya konservasi.

Kata dia, termasuk rencana translokasi penduduk di sekitar danau yang telah berdomisili sejak lama secara turun temurun. Tentu relokasi itu membutuhkan anggaran yang sangat besar, dengan tujuan pelestarian Danau Aneuk Laot.

“Maka kita meminta bantuan pemerintah pusat untuk bisa relokasikan masyarakat sekitar danau setempat ke daerah lain. Kita butuh perhatian pemerintah provisni juga untuk memperhatikan danau itu sama-sama,” katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019