Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melakukan evaluasi percepatan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan setempat dengan mendatangkan langsung tim evaluator dari Kemenpan RB.

Sekda Bener Meriah Haili Yoga di Redelong Senin mengatakan tim dari Kemenpan RB akan melakukan pendampingan untuk evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebagai upaya bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah itu.

Baca juga: Pemkab Bener Meriah tingkatkan sarana prasarana kawasan transmigrasi

"Dengan SAKIP ini kita dapat mewujudkan efektifitas dan efesiensi pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah dan juga menyusun tujuan serta sasaran yang jelas untuk orientasi pada hasil," kata Haili Yoga.

Haili Yoga dalam pertemuan dengan seluruh instansi di Aula Setdakab setempat hari ini menekankan agar kegiatan evaluasi tersebut harus diikuti serius oleh setiap instansi untuk kedepannya dapat merumuskan program-program terukur dan tepat sasaran.

Menurutnya untuk mendatangkan tim evaluator dari Kemenpan RB ke daerah tidaklah mudah.

"Agar dapat merumuskan ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta menetapkan program-program yang berkaitan dengan sasaran yang akan dicapai," tutur Haili Yoga.

Sementara Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran Kemenpan RB Firmansyah selaku tim evaluator dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa penerapan SAKIP adalah untuk memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program atau kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

Menurutnya salah faktor penting dalam mengimplementasikan SAKIP adalah adanya komitmen kuat dari setiap pimpinan instansi di lingkungan pemerintah.

"Untuk meningkatkan nilai SAKIP perlu ada komitmen semua pihak. Dari pimpinan atas hingga pelaksana harus sama-sama berbuat," kata Firmansyah.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019