Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Aceh tengah berhasil meraih empat kategori juara dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah Dekranasda se- Aceh yang berlangsung di Kabupaten Pidie.

"Alhamdulillah dari tujuh kategori yang dilombakan Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah berhasil memboyong empat juara dan ini merupakan salah satu kerja keras dari seluruh pengurus dan juga para pengrajin," kata Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah, Puan Ratna di Aceh Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan dalam Rapat Kerja Dekranasda se Aceh yang dibuka langsung Plt Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati tersebut memperlombakan tujuh kategori antara lain, lomba laporan terbaik, lomba busana etnik terbaik, lomba produk unggulan terbaik, lomba stand terbaik, lomba produk inovatif, lomba produk makanan unggulan dan lomba produk desain kreatif.

Ada pun empat juara yang berhasil diboyong Dekranasda Aceh Tengah masing-masing 1 kategori laporan terbaik yang di bacakan oleh ketua Dekranasda Aceh Tengah, juara 2 kategori busana etnik (Fashion Show), juara 2 kategori produk unggulan dengan menampilkan tas anyaman bermotif kerawang gayo dengan bahan baku terbuat dari pandan duri dan juara harapan 1 kategori stand terbaik.

Ia berharap melalui kegiatan Rakerda Dekranasda se Aceh tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi kerajinan lokal yang ada di Kabupaten penghasil kopi terbaik dunia tersebut.

Sebelumnya, Plt Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati meminta kepada seluruh kepala Pemerintah se-Aceh untuk mengimbau seluruh elemen Pemerintah menggunakan produk kerajinan dan olahan lokal dalam setiap kegiatan.

"Seluruh elemen Pemerintah harus mendukung kemajuan produk unggulan masing-masing daerah sehingga kesejahteraan pengrajin akan meningkat," kata Dyah.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019