Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menjalin kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation (PSF) dalam rangka meningkatkan pendidikan khususnya program beasiswa unggulan bagi putra-putri daerah tersebut.

"Alhamdulillah, kita sudah lakukan kesepakatan, direncanakan akan diseleksi oleh yayasan dalam Desember 2019 terhadap putra-putri Aceh Jaya yang duduk di kelas 3 SMA/sederajat, untuk melanjutkan kuliah di Sampoerna University Jakarta yang berkerjasama dengan University of Arizona, USA," kata T Irfan Tb kepada Antara di Calang Rabu.

Ia menambahkan kerjasama ini juga salah satu program dari Pemkab Aceh Jaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi sehingga putra-putri daerah tidak hanya belajar di provinsi namun juga ada di tingkat nasional dan internasional.

“Kita sangat menitikberatkan pembangunan kita dalam bidang pendidikan, apalagi ini merupakan salah satu asset masa depan Aceh Jaya,” kata Bupati Irfan Tb.

Irfan menambahkan Universitas Sampoerna dan bermitra dengan The University of Arizona, salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat.

Oleh karenanya, kerjasama antara Universitas Sampoerna dan The University of Arizona membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan terbaik bertaraf internasional dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

“Pertemuan kita juga membahas tentang gambaran nyata terkait kualitas berbagai program pendidikan serta menggali berbagai potensi sinergi yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di Kabupaten Aceh Jaya,” kata Irfan Tb.

Irfan menerangkan jika Putera Sampoerna Foundation (PSF) telah menditribusikan lebih dari 65.000 paket beasiswa untuk jenjang pendidikan dasar sampai dengan jenjang pasca sarjana.

Selain dari upaya berkesinambungan dalam memfasilitasi pendidikan formal tersebut, PSF juga telah berperan aktif dalam peningkatan profesionalisme guru dan kepala sekolah yang mana diantaranya melalui pelaksanaan program unggulan yaitu Program Pusat Belajar Guru dan Program Sekolah Model.

"Lebih dari 85.000 guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia telah menikmati program tersebut dan akan terus dikembangkan hingga saat ini, baik dari segi kuantitas dan kualitasnya, saatnya putra-putra Aceh Jaya yang akan menikmatinya," tutup Irfan Tb.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019