Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan indeks pembangunan manusia (IPM) di provinsinya terus tumbuh positif seiring program pembangunan manusia, khususnya sektor pendidikan berjalan sesuai target.

"Provinsi Aceh boleh berbangga karena indeks pembangunan manusianya setiap tahun terus meningkat," katanya di sela-sela menyampaikan orasi ilmiah dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Angkatan XXXII, Universitas Almuslim, Bireuen, Ahad.

Ia menjelaskan IPM Aceh pada tahun 2018 mencapai 71,19 atau naik sebesar 0,59 poin dibanding tahun 2017 sebesar 70,60.

"Alhamdulillah Pada tahun 2017 hingga 2018, pembangunan manusia di Provinsi Aceh sudah masuk status tinggi," katanya.

Menurut dia, peningkatan IPM Aceh, menandakan bahwa pembangunan manusia Aceh, terutama pada aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi berjalan pada jalur yang benar.

Ia mengatakan untuk menjaga tren positif tersebut maka semua elemen harus saling bersinergi, supaya pembangunan sumber daya manusia Aceh terus membaik.

Pemerintah Aceh melalui Sekretaris Daerah telah meluncurkan Gerakan BEREH (bersih, rapi, estetis dan hijau) yang bertujuan meningkatkan kinerja ASN, termasuk tenaga pendidikan di Aceh.

Gerakan BEREH dilakukan secara kolaboratif dengan pemerintah kabupaten/kota untuk mewujudkan lingkungan kerja yang BEREH, yang diimbangi dengan aksi membuka "jendela pikiran" bagi semua ASN di Aceh.

Pemerintah Aceh periode 2017-2022 berupaya memprioritaskan pembangunan bidang pendidikan sebagai salah satu dari 15 program unggulan yang diberi nama "Aceh Carong".

"Kami berharap melalui program tersebut dapat mengakselerasikan target capaian pembangunan. Pendidikan merupakan satu fondasi terpenting dalam sebuah bangsa," katanya.

Dalam orasi ilmiahnya, Nova juga mengatakan bahwa dalam kehidupan, ilmu sangat penting bahkan agama menempatkan menuntut ilmu di bawah satu tingkat ajaran tauhid.*

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019