Bagi anda yang suka memacu adrenalin sembari menikmati hari libur di alam bebas, tempat yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan.

Di tempat ini anda bisa merasakan sensasi menaklukan derasnya aliran sungai menggunakan perahu karet, berarung jeram ria bersama teman dan keluarga.

Adalah destinasi wisata arung jeram Sungai Bidin di Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Baca juga: Bupati minta potensi wisata arung jeram di Bener Meriah tak diabaikan

Lokasinya berada di pedalaman, masih memiliki kualitas air dan aliran sungai yang baik, serta sajian panorama alam yang mengesankan.

Di sini anda bisa menjajal rute arung jeram sepanjang 20 kilometer dengan tantangan daya arus berada pada grade 2 dan 3.

Baca juga: Aceh Tengah raih dua emas cabor arung jeram

Keindahan aliran Sungai Bidin adalah surga tersembunyi bagi anda para pecinta olahraga wisata arung jeram.

Tempat ini memang baru saja menjadi target pengembangan destinasi wisata baru oleh pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Menguji adrenalin arung jeram lukup Badak, Aceh Tengah

Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi tampaknya serius melirik potensi sungai ini untuk tujuan wisata arung jeram.

Sudah beberapa kali Bupati ini juga berkesempatan menjajal langsung tantangan arus Sungai Bidin dan seolah ketagihan untuk kembali mengulanginya.

Pada liburan awal tahun ini, Sarkawi bahkan memboyong satu keluarganya untuk berarung jeram ria di Sungai Bidin bersama Tim Samar Kilang Adventure.

Bupati ini tampak sangat menikmati petualangannya di wilayah pedalaman tersebut dan tak henti-henti berupaya mempromosikannya kepada siapa saja.

Terakhir kali, Tgk Sarkawi berhasil membuai Rektor Unsyiah Pro Dr Ir Samsul Rizal MGe untuk mengikuti tantangannya menjajal arus Sungai Bidin usai acara serah terima peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Unsyiah Banda Aceh kepada Pemkab Bener Meriah pada Rabu (15/1).

Sarkawi seolah tak ingin melewatkan kesempatan untuk bisa mempromosikan wisata arung jeram Sungai Bidin kepada tamu daerah sekelas Rektor Unsyiah.

Kecakapan sang Bupati soal ini patut diapresiasi. Di sisi lain Tgk Sarkawi juga berjanji akan terus mengembangkan objek wisata baru tersebut untuk memenuhi harapan para pecinta wisata arung jeram.

"Ini akan kita dorong terus untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah kita, sekaligus akan menjadi destinasi wisata baru di Bener Meriah," kata Tgk Sarkawi.

Sementara untuk upaya pengembangan sektor wisata yang satu ini, Sarkawi juga punya barisan tim handal di belakangnya yang siap mendukung.

Di antaranya ada pemuda Karang Taruna Kecamatan Syiah Utama dan Tim Samar Kilang Adventure yang siap untuk menjadi operator arung jeram di sana.

Sedangkan Camat Syiah Utama Khalisuddin adalah merupakan sosok yang sebelumnya juga telah berhasil mengembangkan objek wisata arung jeram di Sungai Pesangan.

"Kami sudah buktikan di Sungai Pesangan sejak 2017. Sungai Bidin punya potensi yang sama dan ini akan menjadi ikon Kecamatan Syiah Utama," kata Khalisuddin.

Camat ini mengatakan akan mendorong pengembangan wisata arung jeram tersebut melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) setempat.

Menurutnya saat ini sudah ada beberapa pemuda di sana yang telah mengikuti Bimtek operator arung jeram untuk bisa memandu wisatawan yang datang.

Nah bagi anda pecinta wisata arung jeram, silahkan datang dan mencoba.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020