Inggris (Antaraaceh) - David Luiz hanya perlu menyetujui kontrak pribadi dan lolos uji kesehatan dengan Paris Saint Germain (PSG) untuk menjadi bek termahal sejagat.
Chelsea telah menyetujui kepindahan bek Brazil ini ke PSG dengan mahar sekitar 50 juta pounds.
Sebelumnya PSG juga memecahkan rekor trasfer dengan membawa Thiago Silva dari AC Milan dengan harga 35 juta pounds. Klub asal Perancis ini juga memberikan gaji terbesar ketiga kepada mantan bek Roma, Marquinos, sebesar 27 juta pounds tahun lalu. Rio Ferdinand menjadi bek dengan gaji termahal kedua yakni 29.1 juta pounds.
Berikut pernyataan pada website resmi Chelsea, "Chelsea dan PSG telah menyetujui kontrak David Luiz ke klub Prancis."
"Kepindahannya hanya menunggu David Luiz untuk menyetujui kontrak pribadi dengan PSG dan lolos uji kesehatan."
Menurut laman Sky Sports, PSG telah mengirimkan dokter ke Brazil tempat Luiz mengadakan latihan bersama tim nasional. Kesepakatan dengan Luis akan selesai pada 10 Juni, tetapi kedua klub mengumumkan sekarang agar Luiz bisa berkonsentrasi untuk Piala Dunia.
Juara Ligue 1, PSG, dalam website resmi klub mengatakan, "PSG, Chelsea dan David Luiz ingin mengonfirasi telah menyepakati kontrak transfer bek Brazil yang akan mulai 10 Juni 2014."
"Karena pemain akan melakukan persiapan untuk piala dunia sebagai tuan rumah, kedua klub dan David Luiz berharap mencapai persetujuan secepat mungkin."
Luiz bergabung dengan Chelsea dari Benfica pada 2011 dengan harga 23.5 juta pounds dan masih menyisahkan kontrak dua tahun dengan klub yang bermarkas di Stamford Bridge.
Kepindahan Luiz ke PSG akan menambah dana segar untuk Jose Mourinho menyelesaikan transfer Diego Costa dari Atletico Madrid.
Mourinho juga memberikan perpanjangna kontrak satu tahun untuk John Terry dan akan menempatkan Gary Cahill sebagai bek tengah sepanjang musim. Branislav Ivanovic juga mampu bermain sebagai bek tengah. Mourinho yang sering menempatkan Luiz sebagai gelandang bertahan diketahui tertarik dengan bakat bek muda Chelsea Tomas Kalas.
PSG yang disokong dana dari pengusaha Qatar, sebelumnya juga mampu memboyong Zlatan Ibrahimovic dan Edinson Cavani. Mereka disingkarkan Chelsea di permpat-final Liga Champions musim ini dengan agregat 3-3 (Chelsea menang gol tandang).
Namun Laurent Blanc mengaku tidak akan berhenti mengembangkan skuadnya. Kepada koran Le Parisien pelatih PSG ini juga menyatakan sebagai fans Eden Hazard.
"Hazard merupakan pemain penentu," kata Blanc.
"Kamu bisa membicarakan semua tentang taktik, kekuatan tim, kemampuan individual, tetapi pemain yang bisa mengalahkan tiga atau empat pemain merupakan sesuatu yang berbeda."
Blanc juga mengonfirmasi gelandang Jeremy Menez dipastikan akan hengkang. Mantan bek Chelsea Alex juga dikabarkan akan meninggalkan Les Parisiens.
Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2014

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014