Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melaksanakan seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di jajaran Kemenag Aceh dengan cara mandiri, karena peserta yang mendaftar dalam penerimaan pegawai tahun ini membeludak.

"Ini menjadi pekerjaan besar, BKN sudah angkat tangan karena jumlah yang daftar di Kemenag Aceh terlalu banyak," kata Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Ribuan peserta CPNS Abdya mulai ikut seleksi kompetensi dasar

Dia menjelaskan pada Rabu (5/2) Kanwil Kemenag Aceh akan menghadiri rapat terkait pelaksanaan SKD berbasisi CAT tersebut. Rapat itu akan membahas tentang jadwal sekaligus pelaksanaan SKD secara mandiri.

"Kita akan hadir ke Jakarta untuk membahas seputar pelaksanaan SKD CPNS. Mohon masyarakat bersabar nanti akan kita sampaikan kembali hasil yang disepakati dalam rapat tersebut," katanya.

Baca juga: Puluhan calon CPNS di Aceh Jaya gugur

Ia menambahkan, Kemenag menjadi salah satu lembaga yang paling diminati oleh masyarakat Aceh, terlihat dari jumlah pendaftar seleksi CPNS di Kemenag Aceh yang mencapai 22.762 peserta.

Karena itu, kemungkinan besar pelaksanaan SKD akan dilakukan secara mandiri. Artinya, BKN hanya server, sedangkan peralatan seperti komputer akan disediakan oleh Kemenag Aceh.

"Pelaksanaan ujiannya di Aceh. Kita harapkan masyarakat terus memantau website dan media sosial Kanwil Kemenag Aceh, kita akan kabarkan jika informasinya sudah ada," ujarnya.

Untuk diketahui, tercatat bahwa sebanyak 22.762 orang mendaftar CPNS dengan pilihan Kemenag Aceh. Dari total yang mendaftar hanya 19.736 orang yang dinyatakan lulus administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni ujian SKD.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020