Dewan Kesenian Takengon (DEKATE) Kabupaten Aceh Tengah akan segera membentuk kepengurusan baru setelah sejak lama vakum.

Ketua Panitia Pakat Seniman Iwan Bahagia di Takengon Selasa menyampaikan  pembentukan dan pemilihan ketua baru dalam organisasi tersebut akan digelar dalam rangkaian acara pakat seniman.

Menurutnya kegiatan itu nantinya akan melibatkan seluruh sanggar, pelaku seni, serta para praktisi kesenian dan kebudayaan di Aceh Tengah.

"Insya Allah kita akan gelar di tanggal 14 Maret 2020," kata Iwan Bahagia.

Iwan menuturkan data sanggar kesenian yang telah masuk ke Dinas Pendidikan Aceh Tengah saat ini akan menjadi rujukan pihak panitia dalam menetapkan peserta forum pakat seniman tersebut guna membentuk dan memilih ketua baru DEKATE.

Sedangkan terkait jumlah peserta menurutnya juga akan tergantung dengan kesiapan anggaran.

"Meski demikian panitia juga akan membuka dan melakukan seleksi untuk seniman dan pelaku kebudayaan secara online dan offline," sebut Iwan.

"Hasil pembicaraan stering comitte dan organizing comitte yang sudah ter-SK kan, kita akan membuka ruang untuk seniman di Takengon yang sudah berkarya di level kabupaten, provinsi, maupun nasional," ujarnya lagi.

Sementara ini kata Iwan untuk teknis dan mekanismenya sedang dalam tahap pembahasan dan masih membutuhkan masukan dari para pihak.

"Kita sedang menggodok mekanisme, tahapan, dan tatacara teknis pelaksanaan. Namun sebagai catatan, pengurus sanggar dan para seniman sudah bisa mempersiapkan diri," tutur Iwan.

Dia menyebut dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera mempublikasikan pendaftaran online untuk calon peserta agar dapat menjaring para pelaku seni atau sanggar yang belum terdaftar namun diketahui aktif dalam pengembangan kesenian dan kebudayaan di Aceh Tengah.

"Kita akan melakukan screening calon peserta dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Pakat Seniman kata Iwan juga bertujuan untuk mendorong geliat kesenian dan kebudayaan di daerah itu dengan langsung melibatkan para pelaku seni.

"Semangat pemajuan kebudayaan itu mendorong kita untuk bersama-sama memberikan kontribusi positif langsung dengan menggelar Pakat Seniman. Ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 dengan melibatkan pemerintah dan pekerja kesenian dan kebudayaan," kata Iwan Bahagia.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020