Desa Meunasah Teungoh Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya membuat satu unit becak motor pengangkut sampah melalui dana desa.

Becak motor sampah tersebut digunakan mengangut sampah di setiap rumah masyarakat dalam desa tersebut.

"Awalnya kita ciptakan becak motor sampah tersebut melalui dana desa tahun 2020 karena sejumlah masyarakat membuang sampah ke sungai di desa kami, kalau ini dibiarkan akan mencemari lingkungan," kata Juliadi selaku Geusyik (kades) Meunasah Teungeh, Selasa (3/3).

Ia menambahkan becak tersebut akan mengangkat sampah dalam seminggu dua kali dari rumah masyarakat oleh petugas yang telah ditunjuk.

"Alhamdulillah untuk saat ini dengan adanya becak motor sampah tersebut desa kami bebas dari sampah yang berserakan, harapan juga semoga ini bisa menjadi motivasi kepada desa lain dalam Kabupaten Aceh Jaya," kata Juliadi.

Juliadi menyampaikan sebelum melakukan pengadaan becak motor sampah pada tahun 2020 pihaknya juga telah melakukan pengadaan tong sampah kepada masyarakat Desa Meunasah Teungoh.

"Pada tahun 2019 sudah kita lakukan pengadaan tong sampah, agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempat yang telah disediakan," kata Juliadi.

Juliadi menyampaikan yang menjadi kendala saat ini adalah tempat pembuangan akhir (TPA) yang sangat jauh yaitu ke Desa Babah Ie Kecamatan Jaya karena di Kecamatan Indra Jaya belum ada tempat pembuangan sampah.

"Harapan kita di Kecamatan Indra Jaya juga ada TPA sehingga kami tidak terlalu jauh untuk membuang sampah sampai ke kecamatan tetangga," kata Juliadi.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020