Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar mengajak seluruh relawan Taruna Siaga Bencana (Taruna) agar proaktif menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Saya selaku pembina mengajak seluruh anggota Tagana supaya proaktif untuk menjaga lingkungan dari Karhutla sebagaimana yang telah diimbau oleh Bapak Kapolres dan  Bapak Dandim 0110 Abdya,” katanya di Blangpidie, Sabtu

Wabup Abdya melanjutkan, disamping proaktif menjaga lingkungan, peran relawan Tagana juga melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahayanya pembakaran lahan baik di kebun maupun di hutan.

“Sampaikan kepada masyarakat di desa-desa silahkan membuka lahan untuk bercocok tanam, tapi tidak boleh dengan cara membakar karena membakar lahan itu dapat mendatangkan bencana karhutla,” kata Wabup  

Wabup Muslizar menyampaikan imbauan tersebut di sela-sela acara puluhan relawan Tagana Abdya melakukan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi menjelang musim tanam padi MT rendengan di Kecamatan Lembah Sabil.

“Mari kita jadikan kehadiran Tagana ini bermanfaat bagi semuanya, baik bagi agama, nusa dan bangsa. Jadi, kehadiran Tagana ini juga berguna bagi diri relawan, keluarga, tetangga dan lingkungan dimanapun berada,” katanya.

Menurut Muslizar, kegiatan bhakti sosial membersihkan lingkungan dan membantu warga dari berbagai musibah bencana yang dilakukan relawan Tagana merupakan sedekah yang pahalanya berlipat ganda diberikan Allah.  

“Sedekah itu tidak mesti dengan cara memberikan uang dan harta benda. Dengan menyumbangkan tenaga pun juga sedekah bila apa yang kita kerjakan itu bermanfaat untuk masyarakat, agama, bangsa dan negara,” katanya.

Oleh karena itulah, Muslizar mengajak seluruh relawan Tagana untuk terus berbuat baik membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan, baik melakukan pembersihan saluran irigasi untuk memudahkan petani, maupun melakukan bhakti sosial lainnya yang bermanfaat bagi warga.

“Semoga apa yang kita lakukan dengan ke ikhlasan selama ini Insyaallah, Allah SWT memberikan pahala kepada kita semua. Allah pasti memudahkan urusan kita jika kita semua memudahkan urusan orang lain,” demikian Muslizar

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020