Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendorong peternak daerah setempat membudidayakan sapi lokal sebagai upaya pemerintah meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Tahun 2020 ini kita menyediakan 83 ekor bibit sapi untuk kelompok ternak di Abdya,” kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya, Laili Suhairi di Blangpidie, Rabu.

Menurut Laili, Pemerintah daerah menyediakan bibit sapi untuk dibagikan kepada kelompok ternak itu untuk menggerakkan ekonomi warga agar lebih efektif, sehingga berdampak pengentasan kemiskinan.    

“Disamping pengentasan kemiskinan, program pemerintah daerah menyalurkan bibit sapi bantuan kepada kelompok ternak ini juga dapat mendongkrak populasi sapi di Kabupaten Abdya,” kata Laili.

Laili berkata, sebanyak 83 ekor bibit sapi yang akan dibagikan oleh pemerintah untuk meningkatkan ekonomi warga mengunakan sumber Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2020.  

“Berhubung sekarang sudah memasuki proses lelang (tender), maka petugas sudah mulai turun lapangan mendata Calon Petani dan Calon Lahan (CP/CL) supaya penyalurannya nanti tepat sasaran,” kata Laili.

Adapun kelompok ternak yang dilakukan CP/CL oleh petugas peternakan berdasarkan permohanan masuk (proposal) terutama kelompok-kelompok budidaya sapi yang memiliki kandang dan lahan.

“Bibit sapi yang disalurkan nanti rata-rata sudah berumur diatas satu tahun. Berhubung sekarang sedang proses surve harga oleh panitia, maka penyaluranya kita wacanakan Juli 2020 ini,” katanya.

Selain menyediakan bibt sapi bantuan untuk kelompok ternak, pada tahun 2020 ini Pemkab Abdya juga mulai membangun sarana dan prasarana peternakan pada lahan seluas 100 hektare.

Lahan bekas perkebunan seluas 100 hektare milik pemerintah di kawasan Kecamatan Kuala Batee-Babahrot akan dijadikan untuk lahan pengembangan dan pembibitan sapi oleh Pemkab Abdya.

“Program ini sudah mulai berjalan juga. Semua dokumen peternakan sedang dipersiapkan oleh pemerintah daerah termasuk membangun fisik, baik pagar, kantor petugas maupun kandang sapi,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020