Sekitar satu hektare lahan yang ditumbuhi ilalang terbakar di Desa Blang Poroh Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Jum'at (13/3) dini hari.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 00.30 WIB disaat sebagian warga sedang tertidur lelap itu sempat membuat warga panik.

"Menurut keterangan saksi, lahan perkebunan yang ditumbuhi rumput ilalang tersebut dibakar oleh orang tak dikenal (OTK)," kata Sekertaris BPBD Lhokseumawe Marzuki.

Dikatakannya, untuk penyebab kebakaran diduga dibakar OTK, namun dugaan tersebut saat ini sudah dalam penanganan pihak berwajib.

"Masyarakat yang panik mengetahui api semakin menjalar ke arah pemukiman warga, kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran agar kebakaran lahan tidak meluas," katanya.

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kota Lhokseumawe yang menerima informasi tersebut langsung bergerak mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke tempat kejadian untuk melakukan pemadaman api.

"Satu jam kemudian api baru berhasil dipadamkan setelah dua unit armada mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan dalam usaha pemadam itu petugas dibantu oleh Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) Kota Lhokseumawe, TNI-Polri serta masyarakat setempat," katanya.

Lebih lanjut, Marzuki mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan tidak membakar sampah sembarang serta membuka lahan baru dengan cara membakar. Terlebih saat ini dalam musim kemarau, sehingga semak belukar mudah terbakar.

"BPBD Kota Lhokseumawe mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sembarangan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Marzuki.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020