Seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris berinisial AK (49) yang berniat ingin liburan di Aceh dan mengunjungi kerabatnya di Kecamatan Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara terpaksa dipulangkan ke negara asalnya.

Bule itu diamankan oleh tim Satgas Penanggulangan COVID-19 di Lhoksukon, Senin (31/3) saat melakukan razia di wilayah tersebut. 

Kemudian AK dibawa ke RSU Cut Meutia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus COVID-19 Aceh Utara Andree Prayuda mengatakan setelah menjalani tes kesehatan demi mengantisipasi penyebaran COVID-19, AK dinyatakan sehat dan tidak terjangkit COVID-19.

"WNA asal Inggris tersebut datang dari Medan Sumut ingin mengunjungi kerabatnya, namun dihadang oleh tim Satgas Penanggulangan COVID-19 dan dari hasil tes kesehatan AK dinyatakan sehat," kata Andre di Lhokseumawe, Rabu (1/4).

Dikatakannya, saat ini WNA asal Inggris itu sudah diminta pulang ke negaranya, berhubungan saat ini sedang darurat COVID-19. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penyebaran wabah virus mematikan tersebut.

"Saat ini seluruh lokasi wisata di Provinsi Aceh sudah diinstruksikan untuk ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan, oleh karena itu kami minta WNA tersebut untuk pulang ke negara asalnya," kata dia.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020