PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh membatasi waktu operasional dari Pukul 06.00 sampai 22.00 WIB menjadi 08.00 sampai 18.00 WIB dalam upaya mendukung pemerintah daerah mencegah penyebaran COVID-19. 

“Saat ini Bandara SIM siaga penuh dalam melayani berbagai penerbangan termasuk pengangkutan cargo bantuan alat-alat medik dan kesehatan, penanganan kesehatan (medical evacuation) dan pengangkutan sampel infection substance COVID-19,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Indra  Gunawan di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan seluruh personel PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh siap mendukung upaya pencegahan COVID-19. 

“Bandara SIM juga siaga penuh mengantisipasi adanya alternatif untuk pendaratan darurat dan penerbangan yang mengangkut sampel infection substance COVID-19 serta pintu bagi penerbangan yang mengangkut logistik ke Aceh,”katanya.

Indra mengatakan setiap personel yang bertugas di bandara dibekali dengan prosedur-prosedur pencegahan penyebaran COVID-19.

Menurut dia Bandara SIM  telah mengimplementasikan protokol penanganan COVID-19 di area dan transportasi publik sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah seperti memastikan seluruh area umum dan transportasi umum bersih, menjalankan proses pembersihan sehari-hari, secara rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area terminal dan area public.

Selanjutnya deteksi suhu tubuh penumpang pesawat yang tiba harus melalui proses pendeteksian suhu tubuh dengan thermal scanner dan thermal gun, Bandara SIM juga menyiapkan ruang Observasi apabila terdapat seseorang yang terindikasi Gejala COVID-19 guna pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas KKP.

Kemudian mengkampanyekan cuci tangan sesering mungkin, menempatkan lebih banyak titik-titik hand sanitizer serta membuat wastafel portabel di area publik, selain tentunya juga terdapat wastafel di seluruh toilet dan memperbaharui informasi tentang COVID-19 secara reguler Informasi perjalanan, peraturan terbaru, serta jadwal penerbangan terkait COVID-19 di bandara dapat diakses melalui www.angkasapura2.co.id, aplikasi INAirports, akun instagram, facebook, youtube, twitter masing-masing bandara, serta contact center Airport 138. 

Selanjutnya menyesuaikan pola operasional dengan melakukan minimum operasi dan Batas jam operasional dari pukul 08.00 sd 18.00 WIB, guna memastikan penerapan jaga jarak sesama dan menjaga aspek kesehatan penumpang pesawat, pengunjung, serta pekerja di bandara. 

PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh dan Kantor Kesehatan Pelabuhan memastikan prosedur pengisian HAC oleh penumpang rute domestik dapat dijalankan guna pendeteksian penyebaran COVID-19 dan Seluruh titik-titik komersial yang berbentuk LED di bandara-bandara dimanfaatkan untuk menayangkan berbagai video guna mensosialisasikan cara pencegahan terpapar COVID-19 kepada setiap penumpang pesawat dan pengunjung bandara dan Protokol tersebut secara konsisten dijalankan oleh PT Angkasa Pura II hingga hari ini dan seterusnya.

“Kami berharap dengan menjalankan protokol tersebut, Bandara SIM dapat turut serta memutus mata rantai penyebaran sekaligus mendukung upaya dalam mengatasi COVID-19,” kata Indra Gunawan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020