Harga cabai merah dipasar Inpres Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menurun dratis dari sebelumnya Rp30.000 turun berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000 per kilogram  menjelang bulan suci Ramdhan 1441 hijrah.

Yuyun, pedagang di kota Blangpidie, Rabu mengatakan turunnya harga cabai merah jelang  bulan puasa karena di sebabkan minimnya permintaan, sementara pasokan melimpah dari petani lokal.

Berbeda dengan cabai merah kering, harganya  sekarang Rp 120 ribu/kg. Bawang merah dan bawang putih harganya antara Rp 40 - Rp 45 ribu/kg dan  tomat Rp 7 ribu/kg, katanya menambahkan.

“Sekarang yang mahal jahe merah, jika sebelumnya Rp 40 ribu/kg sekarang sudah Rp 65 ribu/kg. Naiknya harga jahe merah itu karena tingginya permintaan dan minimnya persediaan dipasar,” kata dia

Ia menjelaskan, sejak sebulan terakhir cukup banyak masyarakat yang berbelanja ke pasar rata-rata membeli jahe merah untuk kebutuhan obat meningkatkan kekebalan tubuh dari ancaman virus corona.

“Kalau harga bahan dapur lain masih stabil, belum ada tanda-tanda kenaikan jelang bulan suci ramadhan 1441 hijrah ini,”katanya

 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020