Baitul Mal Aceh menyerahkan bantuan santunan Ramadhan kepada 4.000 fakir miskin di 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

“Bantuan ini merupakan program rutin Baitul Mal Aceh yang dilaksanakan setiap tahun dalam bulan Ramadhan. Program ini dibuat mengingat pada bulan tersebut kebutuhan masyarakat meningkat dari bulan-bulan lainnya,” kata Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa di Aceh Besar, Jumat.

Ia menjelaskan setiap penerima manfaat akan menerima uang tunai sebesar Rp800 ribu per mustahi.

Menurut dia dengan adanya pemberian bantuan konsumtif tersebut dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga miskin di bulan Ramadhan.

Armiadi mengatakan bantuan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian sosial Pemerintah Aceh melalui Baitul Mal Aceh terhadap keluarga yang kurang mampu. 

Ia menyebutkan Baitul Mal Aceh menganggarkan dana dari sumber zakat sebesar Rp3,2 miliar untuk program tersebut.

Dalam pemberian bantuan tersebut, pihaknya  menyurati geuchik gampong untuk mengirimkan nama-nama keluarga miskin, karena geuchiklah yang mengetahui siapa saja warganya yang miskin atau tidak. 

Sedangkan proses penyaluran bantuan langsung dikirimkan ke rekening mustahik masing-masing.

“Pihak amil Baitul Mal Aceh tidak memegang uang karena langsung masuk ke rekening penerima,” kata Armiadi.

 Ia berharap para mustahik mendoakan para muzakki agar rezekinya lebih banyak lagi dan berkah rezeki sehingga terus dapat meningkatkan manfaat bagi umat. 

“Semoga bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin dan dibelanjakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Belanjalah keperluan-keperluan yang mendesak seperti kebutuhan pokok sehari-hari, jangan digunakan untuk membeli rokok,” katanya katanya.

Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut juga dihadir Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden dan Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar, Zamri A Rafar. 

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden mengatakan, selain bantuan tersebut Baitul Mal Aceh juga memiliki banyak program pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk zakat produktif di beberapa kabupaten/kota se-Aceh, seperti pemberian modal usaha kepada keluarga miskin yang punya usaha dan mau berusaha keluar dari kemiskinan, beasiswa, gampong produktif, dan lain-lain.

“Baitul Mal Aceh punya program santunan fakir-uzur seumur hidup yang bantuannya diberikan setiap bulan, pemberian beasiswa penuh tahfiz Quran, beasiswa penuh anak muallaf, dan masih banyak program Baitul Mal Aceh yang fokus terhadap pemberdayaan ekonomi dan pendidikan,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020