Hasil tes swab terhadap lima warga Kabupaten Aceh Tengah dinyatakan negatif COVID-19 setelah sebelumnya dikabarkan pernah berinteraksi langsung dengan pasien positif Corona asal Kabupaten Bener Meriah.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Tengah dr Yunasri mengatakan sebelumnya sampel swab kelima warga tersebut telah dikirim ke Balitbangkes Aceh pada Kamis (7/5).

"Allhamdulilah negatif, hari ini kelimanya akan kita pulangkan," kata Yunasri di Takengon, Selasa.

Kelima warga tersebut kata Yunasri sebelumnya menjalani karantina yang di pusatkan di komplek gedung SMAN 4 Takengon sejak Kamis lalu.

Pemulangan kelimanya kata dia akan melalui prosedur sampai diserahkan kepada kepala desa tempat mereka tinggal.

"Kita serahkan melalui Camat kemudian lanjut ke kepala desa," sebutnya.

Dalam hal ini kata Yunasri walaupun hasil tes swab negatif kelimanya tetap diminta untuk menjalani protokol kesehatan setelah tidak lagi menjalani masa karantina.

Kelima warga ini disebut pernah kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 asal Kabupaten Bener Meriah yakni BN.

Mereka diketahui masih memiliki hubungan keluarga dengan BN.

Sementara BN sendiri hari ini juga telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah hasil tes swab untuk kedua kalinya di Balitbangkes Aceh hasilnya dinyatakan negatif.

BN merupakan klaster santri Temboro, Megetan, Jawa Timur, yang pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Bener Meriah.


Foto : Tim medis Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Tengah menjemput lima warga yang diketahui pernah kontak langsung dengan pasien positif Corona asal Bener Meriah untuk dilakukan pengambilan spesimen swab, Kamis (7/5/2020) ANTARA/HO

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020