Sejumlah rumah, tempat usaha serta bangunan lainnya yang tersebar di sejumlah gampong (desa) dalam beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh dilaporkan porak poranda diterjang angin puting beliung Selasa sore.

Informasi dikumpulkan angin kencang dan hujan deras itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, mengakibatkan sejumlah bangunan di Kecamatan Paya Bakong, Nibong, Meurah Mulia dan Nisam Antara rusak ringan hingga rusak berat dalam peristiwa itu.

Di Kecamatan Paya Bakong misalnya, berdasarkan data sementara dari pihak kepolisian, ada 12 unit rumah dan kios yang berada di Gampong Hasan Seleumak, Gampong Tek- Tek , Cot Teufah dan Pucok Alue rusak akibat kejadian tersebut.

"Hingga saat ini korban yang rumahnya rusak total mengungsi ke rumah saudaranya," kata Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Paya Bakong Ipda Pujianto, Selasa malam.

Kerusakan bangunan juga terjadi di beberapa gampong lainnya di Kecamatan Nibong, Meurah Mulia dan Nisam Antara.

Meski demikian belum bisa diverifikasi lebih lanjut terkait jumlah bangunan yang rusak berat dan rusak ringan akibat bencana alam ini.

Beberapa sumber yang dihubungi terpisah membenarkan bencana alam tersebut merusakan sejumlah bangunan di Aceh Utara, namun mereka belum memiliki data yang valid.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah belum bisa dimintai keterangannya.


 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020