Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyediakan bibit pinang unggul gratis untuk dibagikan kepada para petanidalam rangka meningkatkan produksinya.

Sebelumnya pihak Distan Abdya, juga telah menyalurkan bibit pinang unggul kepada 74 kelompok tani sebanyak 595,228 batang yang bersumber dari DOKA Tahun 2019 senilai Rp 7,6 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pertanian dan Perkebunan Abdya, Sukardi di Blangpidie, Rabu, mengatakan, tahun 2020 Pemerintah Daerah mengalokasikan APBK untuk pengadaan bibit pinang unggul nasional melalui DOKA senilai Rp 8 miliar

Tambah dia lagi, selain bibit pinang unggul nasional yang berjumlah sekitar 573.780 batang. Pihak Distan Kabupaten Abdya juga menyediakan bibit pinang unggullokal sebanyak 160.800 batang dari sumber anggaran yang sama senilai Rp2 miliar.

“Ada dua paket pengadaan, pertama Rp2 miliar untuk pengadaan bibit unggul lokal kemudian paket kedua Rp 8 miliar untuk bibit unggul nasional. Jadi, sekarang sedang proses evaluasi penawaran,”kata Sukardi    

Terpisah, Kepala Bidang Perkebunan Abdya, Azwar dikomfirmasi mengatakan, hingga kini puluhan kelompok tani telah mengajukan permohonan ke pihak Dinas untuk memperoleh bibit pinang bantuan dan berkas permohonan tersebut sudah diverifikasi.

“Untuk saat ini sudah ada 72 kelompok tani yang mengajukan permohonan permintaan bibit pinangg unggul. Dari junmlah itu sekitar 90 persen sudah kami lakukan verifikasi, Kami sudah turun lapangan melakukan CP/CL di desa-desa,” katanya  

Dikatakan Azwar, bibit pinang unggul tersebut saat ini masih tahap pelelangan, sehingga proses penyalurnya ke masyarakat petani diperkirakan pada bulan oktober 2020 mendatang.

“Memang jadwal CP/CL dilapangan agak sedikit terlambat, disebabkan oleh faktor pandemik COVID-19,”demikian tutupnya.     
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020