Kelompok ibu binaan PT Medco E&P Malaka berhasil memperoleh Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk produk olahan kerupuk sayur organik dan produk lainnya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur. 

General Manager Medco E&P Malaka Susanto  di Idi, Rabu mengatakan program ini adalah usaha dan kerja sama yang tidak mungkin dicapai dalam waktu singkat. 

“Pendampingan Medco E&P di mulai dari nol yaitu persiapan dan pembentukan kelompok hingga asistensi untuk mendapatkan PIRT. Semoga pendampingan ini terus berkelanjutan sampai kelompok Rosella dapat mandiri menjalankan program pemberdayaan masyarakat lokal berbasis tanaman organik,” kata Susanto. 

Ia mengatakan, pembinaan ibu-ibu di Desa Alue le Itam, Kecamatan Indra Makmu tersebut merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi Medco. 

"Selain menanam sayur organik, Ibu-Ibu juga diberikan pengolahan tanaman obat keluarga guna meningkatkan hasil tani. Petani di sekitar area operasi juga dibina penanaman padi SRI organik,"kata Susanto menambahkan.

Ia menambahkan, di masa pandemi COVID-19, Medco E&P juga telah menyalurkan berbagai bantuan mulai dari ribuan minuman susu kaleng, ratusan masker, handsanitizer, alat pelindung diri, dan ribuan paket sembako kepada aparat pemerintah dan masyarakat di sekitar area operasi.

 

Pewarta: Hayaturrahmah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020