Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali membuka pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2020 melalui jalur PMB Lokal (Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri) yang telah dimulai sejak 1 Juli 2020.

“Kita telah membuka pendaftaran melalui jalur ini, PMB merupakan tahap terakhir dari seluruh jalur yang dibuka UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” kata Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr Gunawan Adnan di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pendaftaran dilakukan secara online dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2020 melalui link http://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/, selanjutnya calon mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran  melalui Bank Aceh Syariah atau BRI Syariah paling lambat 31 Agustus 2020.

Gunawan mengatakan pelaksanaan ujian jalur PMB lokal dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 5-9 September 2020 dan hasil ujian akan diumumkan pada 14 September pukul 17.00 wib melalui link pendaftaran.

“Hal lain yang menjadi peluang besar bagi pendaftar pada jalur PMB Lokal adalah pada jalur ini dibuka seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 42 prodi dari Sembilan Fakultas, berbeda dengan jalur nasional pada UM-PTKIN hanya dapat memilih prodi keagamaan saja, begitu juga dengan jalur SBM-PTN, peserta hanya dapat memilih prodi umum saja,” katanya.

Ia menyebutkan ada beberapa jalur penerimaan di perguruan tinggi Agama Islan Negeri tersebut masing-masing Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN) dan PMB Lokal.

Pada tahun 2020, UIN Ar-Raniry memiliki daya tampung sebanyak 4.035 mahasiswa baru, jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari jalur yang dibuka, yang terdiri dari 30 persen dari jalur SPAN-PTKIN dan SNM-PTN, 40 persen dari SBM-PTN dan UM-PTKIN, serta 30 persen dari jalur PMB Lokal.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020