Jelang pembukaan kembali sekolah untuk proses belajar tatap muka yang dimulai 13 juli 2020, para guru terus mempersiapkan  sejumlah perlengkapan sesuai dengan protokol kesehatan, diantaranya penyusunan jarak bangku dan meja, serta penyediaan tempat cuci tangan.

Kepala SMK Negeri I Teunom Syaribuddin di Calang, Jumat, menjelaskan semua sudah dipersiapkan baik itu tempat pencuci tangan, dan alat cek suhu badan. 

Selajutnya masing-masing ruang kelas sudah disiapkan pengaturan jarak duduk antara satu siswa dengan siswa lain, dan satu kelas ditempati 18 siswa. Dan sekolah juga memberlakukan sistem shift bagi siswa.

"Ada shift Adan B masuk sekolah. Sebagian satu minggu di rumah dan satu minggu disekolah, untuk SMA/SMK sistimnya begitu, sehingga setelah diberikan mata pelajaran disekolah nanti dikerjakan dirumah dan akan dicek kembali disekolah," kata Syaribuddin.

Ia juga menjelaskan kalau sistim pulangpun juga di atur oleh guru agar tidak berkerumun, sehingga setiap kelas tidak akan serentak pulangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Abdul Jabar menjelaskan proses pelaksanaan belajar mengajar pada Senin mendatang untuk tingkat SMA sederajat serta SMP sederajat di Aceh Jaya sudah disiapkan semuanya.

 Pihaknya sudah menyosialisasikan tahapan proses penerapan protokol kesehatan dalam proses belajar di masa new normal COVID-19 di Aceh Jaya. 

"Hari ini kita sudah mulai mensosialisasikan bagaimana cara penerapan protokol kesehatan di sekolah-sekolah serta kesiapan sekolahnya," kata Abdul Jabar. 


Ia menjelaskan kalau pihaknya telah menegaskan kepada setiap murid disekolah untuk dapat memakai masker nantinya.

"Untuk penyemprotan disinfektan sendiri sudah difasilitasi oleh BPBK sementara untuk maskernya sudah disiapkan oleh masing-masing sekolah," kata Abdul Jabar.

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020