Sebagai pilar dari Kementerian Sosial, Taruna Siaga Bencana atau disingkat Tagana adalah "anak emas" dinas sosial dalam menangani bencana alam di lapangan, kata pejabat pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Liza Marfandi..

Kadis  Sosial Abdya itu di Blangpidie, Rabu, menjelaskan disamping pilar sosial Kemensos dalam membantu meringankan permasalahan terjadi di masyarakat. Tagana juga garda terdepan dalam menangani berbagai bencana di lapangan.

Liza Marfandi juga menjelaskan bahwa keberadaan Tagana di garda terdepan setiap terjadinya berbagai peristiwa bencana alam itu diwajibkan sebagaimana aturan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Saya menyebutkan Tagana pilar sosial itu karena aturannya jelas, dan saya yakin apa yang telah di lakakukan tim Tagana Kabupaten Abdya untuk masyarakat selama ini sudah membuahkan hasil,” tuturnya

Buktinya keberadaan Tagana di Abdya tidak hanya ditingkat kabupaten ataupun Kecamatan saja, melainkan sudah ke tingkat Gampong, sehingga kesiapan informasi sudah begitu cepat diperoleh jika ada terjadinya bencana.

Pernyataan tersebut disampaikan Liza usai menerima perlengkapan Tagana yang diserahkan Wakil Bupati Abdya Muslizar dikawasan lokasi wisata Pasie Geuntheeng Gampong Blangpadang, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya.

Wabup Muslizar menyerahkan secara simbolis perlengkapan Tagana tersebut karena Liza Marfandi merupakan kepala dinas sosial Kabupaten Abdya yang baru mengantikan Ikhwansyah yang telah mengundurkan diri.

“Abdya ini salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang Tagana-nya sudah ada di seluruh pelosok Gampong. Namanya sahabat Tagana, jadi, apapun bentuk bencana di Gampong-Gampong kita sudah siap,” tuturnya

Ia juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pengendalian Perempuan (DPMP4) Abdya terkait alokasi dana untuk Tagana Gampong.

“Saya sampaikan kalau bisa dana itu digunakan untuk pengadaan shinsaw di masing-masing Gampong, sehingga bila ada pohon tubang bisa langsung dibersihkan oleh sahabat Tagana sambil menunggu tim kabupaten,” jelasnya

Acara penyerahan perlengkapan Tagana kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Abdya yang baru dilokasi wisata Pasie Gentheeng tersebut juga ikut dihadiri ketua Tagana Abdya Yasri Gusman bersama puluhan anggotanya.  

 

Pewarta: Suprian

Uploader : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020