Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh kembali meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kata pejabat di perguruan tinggi setempat. 

"Informasi ini kita terima berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 490/SK/BAN-PT/Ak-PP/PT/VII/2020 yang menyatakan Unsyiah kembali berstatus akreditasi A berlaku mulai tanggal 11 Juli 2020 " 11 Juli 2025," kata Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan  dirinya sangat bersyukur atas keberhasilan perguruan tinggi "jantong hatee" rakyat Aceh itu untuk tetap mempertahankan akreditasi A untuk yang kedua kalinya. 

"Prestasi ini adalah buah dari semangat kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan yang telah menjadi jati diri segenap civitas akademika Unsyiah selama ini," katanya.

Ia mengatakan prestasi tersebut bukan hanya kebanggaan Unsyiah secara institusi, tapi kebanggaan bagi rakyat Aceh yang terus mendukung perguruan tinggi tersebut.

Menurut Rektor, akreditasi tersebut memiliki makna yang penting bagi Unsyiah, karena menunjukkan bahwa Unsyiah telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan BAN-PT.

Ia mengatakan ada empat dimensi penilaian yang ditetapkan oleh BAN-PT yaitu mutu integritas pada visi dan misi, kepemimpinan, tata pamong, sistem manajemen sumber daya, kemitraan strategis dan sistem penjaminan mutu internal.

Kemudian mutu produktivitas luaran (output) dan capaian (outcomes), yang meliputi kualitas lulusan, produk ilmiah, inovasi, dan kemanfaatan bagi masyarakat. Kemudian mutu proses yang meliputi proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan suasana akademik. 

Selanutnya mutu input yang meliputi sumber daya dosen, tenaga pendidikan, kurikulum, prasarana dan keuangan.

"Semua standar mutu yang ditetapkan itu berhasil Unsyiah penuhi. Ini penting bagi Unsyiah, untuk memberikan jaminan bagi masyarakat terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan di kampus ini," kata Rektor.

Selain itu, saat ini lima program studi di Fakultas Teknik Unsyiah juga berhasil meraih akreditasi internasional, yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education (IABEE). Kelima prodi itu adalah Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Geofisika. Kelima prodi ini berhasil mendapatkan kriteria Provisionally Accredited.

Unsyiah untuk pertama kalinya meraih akreditasi A pada tahun 2016, di mana saat itu Unsyiah mampu melakukan lompatan akreditasi yang cukup signifikan, yaitu dari C ke A.'

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020