Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya menyebutkan bahwa akan menganggarkan dana untuk membangun kembali pasar Inpres pasca kebakaran dahsyat yang terjadi belum lama ini di tahun 2021.

"Seperti yang kita ketahui, sistem anggaran pemerintah adalah pertahun, jadi tidak mungkin kita bangun sekarang dengan biaya cukup besar. Oleh karena itu kita akan upayakan pada anggaran tahun depan,"kata Suaidi Yahya di Lhokseumawe (22/7).

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Lhokseumawe sudah mengusul ke pusat untuk membangun kembali pasar tradisional yang terbakar tersebut dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), namun karena dalam masa pandemi COVID-19, DAK ditiadakan sementara.

"Kita sudah usulkan untuk membangun kembali pasar Inpres, tapi karena COVID-19, maka untuk tahun ini belum bisa dibangun kembali pasar tersebut,"katanya.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Lhokseumawe sudah memberikan solusi kepada pedagang korban kebakaran untuk sementara waktu direlokasi ke pasar Induk Ujong Blang hingga pasar tersebut dibangun kembali.

"Dalam menghadapi musibah ini, kita sudah memberikan solusi untuk pindah sementara waktu ke pasar Induk, kalau pedagang tetap ingin berjualan di pasar Inpres juga dipersilahkan, tapi ya harus berjualan di bawah tenda-tenda,"kata orang nomor satu di Kota Lhokseumawe.

Pewarta: Dedi Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020