Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bener Meriah kembali bertambah 11 orang per hari ini, Rabu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bener Meriah Riswandika Putra mengatakan ke 11 orang tersebut dinyatakan positif berdasarkan hasil swab yang keluar hari ini dari Balitbangkes Aceh.

"Ya 11 orang positif, berarti total sudah 19 orang positif di Bener Meriah," kata Riswandika Putra di Redelong, Rabu.

Menurutnya dari total kasus tersebut yang paling banyak terpapar COVID-19 adalah para tenaga medis yang bertugas di RSUD Munyang Kute Bener Meriah.

Karena itu kata dia langkah yang diambil oleh pemerintah daerah saat ini adalah menutup sementara rumah sakit tersebut untuk disterilkan.

"Untuk kita sterilkan dan untuk mentracking dan testing para tenaga medis, karena ini yang banyak terpapar ini tenaga kesehatan," tutur Riawandika.

"Makanya kita tutup sementara RSUD Munyang Kute dan kita membuka pelayanan darurat di Puskesmas-Puskesmas. Rencana untuk tiga hari kedepan, kalau tidak memungkinkan bisa sampai 14 hari untuk memutus masa inkubasinya virus ini," tambahnya.
Baca juga: Pengunjung warkop di Banda Aceh dilakukan rapid test cegah corona

Hal lainnya untuk upaya pencegahan kata Riswandika pihaknya hari ini juga telah membentuk tim kesehatan untuk kembali melacak orang-orang yang pernah kontak langsung dengan para pasien.

"Untuk melaksanakan tracking dan testing bagi kontak erat dan pihak keluarga pasien," ujarnya.

"Selain itu kemungkinan besar juga akan ada pembatasan di beberapa desa untuk pelaksanaan shalat Idul Adha. Itu nanti akan dikeluarkan suratnya oleh Gugus Tugas," kata Riswandika Putra.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020