Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Aceh meminta seluruh kabupaten/kota di daerah Tanah Rencong untuk menyiapkan ruang isolasi khusus pasien positif terinfeksi virus corona namun tidak bergejala.

Juru bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, Minggu, mengatakan ruang perawatan pasien terinfeksi di respiratory intensive care unit (RICU) dan Pinere RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh telah penuh, sehingga sebagian pasien terpaksa proses penanganan dipindahkan ke Asrama Haji Banda Aceh.

"Apabila semua orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 dirujuk untuk isolasi di Banda Aceh maka tidak akan cukup tempat, dan sangat tidak efisien," katanya, di Banda Aceh.

Dia menjelaskan, pandemi COVID-19 nyata adanya dan telah banyak jatuh korban baik yang sembuh, sedang dirawat, maupun meninggal dunia. Bahkan beberapa Puskesmas dan rumah sakit di Aceh juga terpaksa ditutup sementara karena petugasnya terinfeksi virus corona.

Oleh karena itu, jubir yang akrab disapa SAG itu berharap bupati atau wali kota untuk mempersiapkan rumah sakit umum daerah sebagai tempat perawatan maupun isolasi OTG yang positif COVID-19, namun tidak perlu dirawat.

"Pemkab Bireuen memiliki tempat isolasi khusus di Cot Batee Gelungku. Begitu juga Pemkab Gayo Lues yang memanfaatkan Balai Latihan Kerja atau BTK," katanya.

Lanjut SAG, perawatan di rumah sakit maupun tempat isolasi dibutuhkan apabila upaya pencegahannya gagal. Tindakan preventif jauh lebih murah dan mudah dilakukan.

Kata dia, kini yang dibutuhkan hanya komitmen menjalankan kebijakan dan disiplin protokol kesehatan seluruh unsur di wilayah Aceh.

"Bupati atau wali kota seharusnya mereview kembali berbagai kebijakan penanganan COVID-19 dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh, Forkopimda, Majelis Permusyawaratan Ulama, maupun kebijakan bupati atau wali kota sendiri untuk diimplementasikan lebih baik lagi," ujarnya.

Hingga saat ini hanya tiga kabupaten/kota di Aceh yang masih nihil kasus COVID-19, yakni Kabupaten Nagan Raya, Aceh Singkil, dan Pidie. Meluruskan informasi yang disampaikan SAG sebelumnya bahwa hanya tinggal Nagan Raya yang nihil kasus.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020