Menyikapi peningkatan kasus positif COVID-19 saat ini Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tengah memprogramkan pembagian masker gratis kepada masyarakat.

Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna mengatakan pihaknya juga akan menginstruksikan seluruh kader untuk dapat mensosialisasikan pentingnya pemakaian masker saat ini guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kegiatan ini akan dijalankan dengan pendekatan kekeluargaan secara komprehensif. Karena masih banyak masyarakat saat ini yang belum memahami pentingnya penggunaan masker," kata Puan Ratna di Takengon, Selasa.

Puan Ratna menyampaikan program yang akan dijalankan tersebut merupakan tindaklanjut dari instruksi Ketua TP-PKK pusat Tri Tito Karnavian yang meminta pengurus TP-PKK di daerah melalui kader-kadernya untuk dapat ikut berkontribusi terhadap pencegahan COVID-19.

"Amanat ini akan kami tindaklanjuti dengan pendekatan yang komprehensif. Dalam program ini nantinya kami tidak hanya sekedar membagikan masker tetapi juga sekaligus memberikan sosialisasi bagaimana pemakaian masker yang baik dan benar serta apa gunanya masker tersebut dalam mencegah penularan COVID-19," ujarnya.

Dalam hal ini Puan Ratna menuturkan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Pemkab Aceh Tengah untuk upaya pengadaan masker.

Selain itu juga akan melakukan penggalangan donasi atau sumbangan masker dari mitra kerja serta pihak-pihak lainnya yang ingin berkontribusi.

"Kita akan mengkomunikasikan kepada pemerintah daerah untuk ikut berpartisipasi menyukseskan program 300 ribu masker yang kita ketahui saat ini sebanyak 200 ribu diantaranya telah dibagikan. Bila memungkinkan sisa yang belum disalurkan tersebut dapat dibagikan melalui program ini," kata Puan Ratna.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam hal ini mengaku adanya keterlibatan TP-PKK akan sangat membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 khususnya di tingkat keluarga.

Menurutnya keterlibatan TP-PKK ini juga sesuai dengan instruksi Presiden dan pernyataan Menteri Desa untuk penyaluran masker dari rumah ke rumah dengan memanfaatkan dana desa.

"Menteri Desa dan PDTT Bapak Abdul Halim Iskandar telah menyatakan bahwasanya program pengadaan masker juga akan didukung oleh penggunaan dana desa. Yang mana sosialisasi dan penyerahan masker dari rumah ke rumah akan dilakukan oleh ibu-ibu PKK setempat," kata Shabela Abubakar.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020