Seekor gajah jinak yang diberinama Olo   di Conservation Response Unit (CRU) Sampioniet, Aceh Jaya, Kamis, dilaporkan mati yang bertepatan sehari setelah peringatan Hari Gajah sedunia yang diperingati pada 12 Agustus 2020. 

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto saat dihubungi, Kamis,  membenarkan terkait  gajah jinak berjenis kelamin jantan yang diberi nama Olo itu mati.

"Benar, kami mendapat informasi dari lapangan tadi pagi sekitar jam 11.00 WIB kalau gajah bernama olo umur 25 tahun itu mati mendadak," kata Agus, kamis

Ia menyampaikan kalau pihaknya belum mengetahui persis penyebab kematian Olo secara mendadak.

"Kita dari BKSDA sudah menurunkan tim medis kelapangan untuk mengecek apa penyebab kematian gajah tersebut,"kata Agus.

Kejadian ini cukup mengejutkan, karena Hari Gajah Sedunia baru saja diperingati pada 12 Agustus 2020 kemarin. Sebelumnya, kondisi gajah Olo disebut-sebut baik-baik saja dan kondisinya juga terlihat sehat.

CRU Sampoiniet terletak di Desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh dan berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Banda Aceh.

CRU Sampoiniet juga salah satu dari tujuh CRU di Aceh yang ditugaskan untuk meminimalisir konflik gajah dan manusia yang marak terjadi di Aceh, dengan cara mengahalu dan melakukan penggiringan terhadap gajah liar agar keluar dari pemukiman penduduk.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020