Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengharapkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga pertahanan negara serta dalam melayani masyarakat.

"Melalui momentum hari jadi ke-75 TNI, kami berharap jajaran TNI, termasuk yang bertugas di wilayah Kota Palangka Raya, meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas menjaga Negara dan melayani masyarakat," kata Fairid di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, TNI memiliki peran yang strategis di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga tak terpisahkan dengan masyarakat.

Fairid mencontohkan salah satu peran strategis TNI di tahun 2020 yakni personel TNI aktif membantu pemerintah dan masyarakat dalam percepatan pencegahan COVID-19. Selain itu juga ada peran bantuan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam melayani masyarakat di tingkat kelurahan dan peran TNI membangun daerah melalui program TMMD yang merupakan kolaborasi pemerintah, TNI dan masyarakat.

Kepala daerah termuda di Provinsi Kalimantan Tengah ini juga meminta TNI semakin gencar melaksanakan program peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional terutama di kalangan generasi muda.

Namun upaya tersebut juga harus didukung dengan keterlibatan pihak terkait lainnya sehingga Kota Palangka Raya semakin maju dan tahan terhadap berbagai ancaman dan tantangan di masa depan.

Sementara itu, dalam rangka peringatan HUT ke-75 TNI, Kodim 1016 Palangka Raya beserta jajaran melaksanakan sejumlah kegiatan seperti menyambangi organisasi keluarga TNI. Selain itu juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial lainnya di wilayah Kota Palangka Raya.

Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf I Gede Putra Yasa mengatakan pihaknya akan selalu siap bersinergi dengan berbagai pihak baik pemerintah, institusi lain dan masyarakat dalam membangun daerah.

"Ke depannya sinergitas yang sudah terjalin dengan baik antara tiga pilar akan terus kami tingkatkan upaya pembangunan daerah dan pelayanan masyarakat," kata I Gede Putra usai menerima kejutan HUT ke-75 TNI dari Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri.
 

Pewarta: Rendhik Andika

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020